Waktu Pelaksanaan PTM Tahap Kedua di DKI Belum Dapat Dipastikan

Sammy
Waktu Pelaksanaan PTM Tahap Kedua di DKI Belum Dapat Dipastikan
Ilustrasi (ist)

Jakarta, HanTer - Terhitung hingga Selasa (8/6/2021) siang, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta belum bisa memastikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tahap kedua yang bakal digelar pada Rabu (9/6/2021). Hal itu dikatakan Kepala Sub Bagian Humas Kerja Sama Antar Lembaga pada Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja pada Selasa (8/6/2021).

"Untuk finalnya memang menunggu SK Kadisdik, jadi saya belum bisa mengumumkan. Saya tadi pagi koordinasi dengan Ketua Pokja PTM, katanya nunggu SK kadisdik, yah takut berubah nanti kasihan sekolahnya," kata Taga.

Dia khawatir, bila mengumumkan sekarang justru ada perubahan dari Kadisdik DKI Jakarta Nahdiana. Karena itu, dia meminta kepada khalayak untuk bersabar terkait pelaksanaan PTM.

Taga juga belum bisa menerangkan apakah jumlah pelajar yang mengikuti PTM sesuai arahan Presiden RI Jokowi atau tidak, yaitu 25 persen dari kapasitas. Namun dia memprediksi, Kadisdik menginginkan agar jumlah siswa yang terlibat PTM lebih banyak seperti yang sebelumnya, yakni 50 persen.

Bahkan untuk pelaksanaan PTM juga lebih sering yang diinginkan Presiden. Jokowi menginginkan PTM digelar dua kali dalam sepekan, namun Disdik tetap menggelar tiga kali dalam sepekan.

"Mungkin pimpinan ingin partisipasi lebih banyak, gitu saja. Sebetulnya nilainya (asesmen) sudah ada di proses final. Tapi kan, Pak Momon selaku Ketua Pokja masih mau lihat dulu, makanya untuk peserta dan sekolahnya nunggu SK Kepala Dinas," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, dia menyebut Disdik juga belum membahas permintaan Presiden soal PTM diikuti siswa hingga 25 persen. Dia menyebut, Disdik masih menerapkan PTM dengan konsep yang pernah digelar pada tahap pertama di 83 sekolah pada 7-29 April 2021 silam.

"Nanti saya tanyakan kepada pimpinan, kan itu yang nggak saya dapatkan informasinya dan saya nggak punya kapasitas untuk maksa pimpinan," imbuh dia.

Seperti diketahui, pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di Jakarta yang sedianya digelar pada Senin (7/6/2021), terpaksa diundur selama dua hari. Dinas Pendidikan DKI Jakarta memutuskan, pelaksanaan PTM di 300 sekolah yang menjalani asesmen bakal dilaksanakan pada Rabu (9/6/2021) mendatang.

Kepala Sub Bagian Humas Kerja Sama Antar Lembaga pada Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja mengaku, baru mendapat informasi dari Ketua Kelompok Kerja (Pokja) asesmen pelaksanaan PTM terhadap 300 sekolah. Berdasarkan analisis dan telaah yang dilakukan Pokja, pelaksanaan PTM tahap kedua hendaknya diundur menjadi Rabu (9/6/2021).

Ia melanjutkan, Pokja membutuhkan waktu ekstra untuk mengevaluasi hasil pelatihan di sekolah tersebut. Hal ini mengingat, jumlah sekolah yang dinilai untuk mengikuti PTM cukup banyak mencapai 300 sekolah.

"Kemudian yang kedua, pada tanggal 7 itu juga kan bersamaan dengan pelaksanaan PPDB dimulai, sehingga para Kepala Seksi Dikdas (Pendidikan Dasar) dan Dikmen (Pendidikan Menengah) di 11 wilayah DKI  berharap tidak berbarengan dengan PPDB," kata Taga Jumat (4/6/2021) lalu.