Razia Prokes, Driver Ojol Tunggui Penumpangnya Menyapu Jalan 

yp
Razia Prokes, Driver Ojol Tunggui Penumpangnya Menyapu Jalan 
Razia masker di Petojo Selatan, Jakarta Pusat. (ist)

JAKARTA – Razia penggunaan masker terus digencarkan di Jakarta. Sebanyak 22 orang terjaring tak memakai alat pelindung itu di kawasan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Gatot (22) mengakui kesalahannya ketika petugas mencegat ojek online yang ditumpanginya. Ia mengaku bukan sengaja tak memakai masker.
“Lupa, Pak, buru-buru pulang habis piket,” ujarnya. 

Ia pun membuka tas lalu menunjukkan masker di daam tas tersebut. “Ini saya bawa masker, dua sekaligu. Tapi lupa pakai, langsung naik ojek begitu ojek online yang saya pesan datang,” ucapnya.

Petugas memaklumi tapi tetap memberinya sanksi. Ia pun memilih hukuman sosial dengan menyapu jalan dibanding harus membayar denda. 

Baiknya, pengemudi ojek mau menunggu pria itu sekitar 15 menit untuk menjalani hukumannya. “Kasihan, Pak,” katanya pada petugas.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kelurahan Petojo Selatan, Partina, mengatakan razia digelar dalam rangka penegakan protokol kesehatan (prokes) sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) No. 3 tahun 2021 untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ada 22 warga yang tidak memakai masker atau memakai masker tapi salah letak, bukan menutup mulut dan hidung malah dipasang di dagu atau dijidat kan sama saja tak pakai masker,” katanya. “Mereka semua kena sanksi sosial menyapu jalan.” (yp)