32 Gerai McD Yang Ditutup Sementara Juga Didenda Rp50 Juta

Sammy
32 Gerai McD Yang Ditutup Sementara Juga Didenda Rp50 Juta

Jakarta, HanTer - Terhitung 32 gerai restoran McDonald’s di Jakarta terkena sanksi oleh Satpol PP DKI. Hal itu karena, restoran asal Amerika Serikat itu dinilai melanggar protokol kesehatan karena menimbulkan kerumunan orang yang tengah berburu promo BTS Meal.

"Tercatat ada 32 gerai yang dikenakan sanksi dan ada dua gerai yang pada saat pengawasan tidak ditemukan pelanggaran," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin di Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Ia menjelaskan, 32 gerai itu tersebar di lima kota, yaitu masing-masing enam gerai di Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Kemudian lima gerai di Jakarta Utara dan sembilan gerai di Jakarta Selatan.

Seluruh gerai itu mendapatkan sanksi yang bervariasi. Mulai dari teguran tertulis hingga penutupan sementara 1x24 jam. Kalau yang didenda administrasi sejauh ini nggak ada," ungkap dia.

Menurutnya, seluruh gerai itu dianggap melanggar Pergub Nomor 3 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19).

Aturan itu menyebutkan, setiap manajemen atau pengelola tempat usaha wajib melaksanakan pengaturan jarak antar konsumen, membatasi 50 persen kapasitas dan mengusahakan tidak terjadinya kerumunan.

Denda Rp50 Juta

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 wilayah yang telah menutup sementara restoran itu. Apabila terbukti melanggar lagi, mereka akan dijerat denda Rp50 juta.

"Karena ada kerumunan yang luar biasa maka Satpol PP mengambil tindakan dan langkah-langkah penyegelan. Ditemani TNI-Polri untuk ditutup sementara 1x24 jam," jelas Ariza. 

Sebelumnya, McDonald's Indonesia meluncurkan paket menu terbaru, yaitu "BTS Meal". Menu kolaborasi dengan Bangtan Boys atau BTS asal Korea Selatan ini bisa dibeli mulai Rabu, 9 Juni 2021.

Para penggemar pun berburu menu tersebut ke gerai-gerai McDonald's baik secara langsung maupun lewat ojek daring (online). Akibatnya antrean membludak dan terjadi kerumunan.

Polisi dan petugas Satpol PP kemudian melakukan penutupan sementara di beberapa gerai yang menyediakan "BTS Meal" tersebut. 

#McDonald   #bts   #prokes