Pemprov DKI Raih Juara Humas Enterpreneur Award Pada Jakarta Marketing Week 2021

Sammy

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi pemenang dalam Humas Entrepreneur Award yang merupakan rangkaian Jakarta Marketing Week 2021. Humas Entrepreneur Award adalah bentuk apresiasi terhadap Humas yang mampu mengkomunikasikan program-program Pemerintah dalam berbagai keterbatasan di masa pandemi COVID-19.

Mewakili Gubernur DKI Jakarta, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin, menerima penghargaan secara virtual, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, pada sesi Government Day, Jakarta Marketing Week 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Atika menyatakan komitmen Pemprov DKI melalui Diskominfotik (Humas) dalam membuat publikasi yang dekat dan langsung berdampak kepada masyarakat. Sehingga kreativitas merupakan hal yang penting dalam penyampaian pesan.

"Kreativitas dalam mengemas berbagai informasi juga dibutuhkan, sehingga dapat meningkatkan partisipasi publik dan membuka lebih banyak kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat," terang Atika.

Dalam hal ini, salah satu strategi yang digunakan adalah dengan menciptakan branding program.

"Pendekatan branding dalam kampanye berbagai program pemerintah, utamanya terkait penanganan pandemi sangat dibutuhkan agar dapat diterima dengan baik dan mudah dipahami masyarakat. Misalnya seperti Jakarta Kini (JAKI), JakLingko, Jakpreneur dan lain sebagainya," tambah Atika.

Kemudian, Atika turut menjelaskan beragam kanal publikasi milik Pemprov DKI yang bisa diakses oleh siapa pun.

"Diseminasi informasi dan komunikasi publik dilakukan melalui kanal-kanal publikasi yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta. Mulai dari kanal resmi media sosial DKI Jakarta, portal berita/siaran pers resmi Pemprov, hingga aplikasi Jakarta Kini yang sudah bisa diakses masyarakat secara mudah," terangnya lebih lanjut.

Adapun dimasa pandemi COVID-19, kehumasan merupakan hal yang sangat penting karena kinerjanya dapat langsung bersentuhan dengan masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi digital, dampak dari kinerja kehumasan dapat meluas dengan cepat. Seluruh pemenang dalam Humas Enterpreneur Award ini telah memenuhi beragam aspek kinerja kehumasan yang secara efektif dan efisien mempunyai dampak yang besar untuk masyarakat.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta menjuarai Humas Entrepreneur Award atas sejumlah bentuk kampanye komunikasi dan informasi publik. Di antaranya, kategori Gold untuk kampanye Penanganan COVID-19, JakLingko, dan JAKI. Lalu, kategori Silver untuk kampanye City Branding +Jakarta, Keterbukaan Informasi Publik, dan Jakpreneur. Kemudian, kategori Bronze untuk kampanye JakWIFI dan Penanggulangan Sampah.

Adapun pelaksanaan penjurian melibatkan perwakilan dari Perhumas, IMA, dan MarkPlus Inc. Penilaian berdasarkan beberapa variabel, seperti Strategi, eksekusi, dan pencapaiannya. 

#Humas   #pemprov   #dki