BPBD Ingatkan Potensi Banjir di DKI Selasa Ini
Foto : Ilustrasi. Banjir di Jakarta Timur. (ist)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta minta warga waspada dan berhati-hati terhadap potensi banjir di sejumlah kawasan, Selasa (15/6/2021). 

Peringatan itu disampaikan BPBD melalui akunnya di Twitter. 

"Berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, maka perlu diwaspadai potensi banjir pada tanggal 15 Juni 2021," demikian BPBD DKI. 

Potensi banjir itu antara lain di Serang, Lebak di Provinsi Banten. Lalu di Jakarta DKI Jakarta, tepatnya di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan.

Selanjutnya di Jawa Barat di wilayah Bogor, Cirebon, Karawang, Cianjur, dan Bekasi. 

Kemudian di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Selain itu, disebutkan pula potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es). 

Hal ini  berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

Ini terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Bila menghadapi keadaan darurat, masyarakat dapat menghubungi Call Center 112. Masyarakat bisa melaporkan bila ditemukan genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana. (*/yp)