Pemkot Jaksel Gandeng TNI AU Sediakan Lokasi Isolas COVID-19
Foto :

Jakarta, HnaTer - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menggandeng TNI Angkatan Udara menyediakan lokasi untuk isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala.

"Ini untuk antisipasi lonjakan kasus COVID-19 khususnya di Jakarta Selatan," ujar Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji di Jakarta, Kamis (17/6/2021)

Adapun lokasi isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 tanpa gejala disiapkan tersebut, yakni Gedung Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) Saryanto TNI AU yang berada di Pancoran, Jakarta Selatan.

Isnawa kemudian meninjau gedung medical check up tersebut yang sudah dilengkapi sarana dan prasarana penunjang di antaranya pengukur suhu tubuh sebelum memasuki gedung.

Kemudian aturan ketat protokol kesehatan lain di antaranya mengenakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Ia kemudian meninjau ruang inap bagi pasien COVID-19 yang akan menjalani isolasi mandiri.

Dalam peninjauan itu, Isnawa didampingi Kepala Lakespra Saryanto Marsma TNI Swasono Rahayu.

Di gedung tersebut terdapat 15 kamar dengan kapasitas 30 orang dilengkapi dengan halaman yang cukup luas.

Fasilitas isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 tanpa gejala itu menambah fasilitas di luar rumah sakit yang selama ini sudah tersedia di Graha Wisata Ragunan.

Graha Wisata Ragunan memiliki kapasitas 210 orang yang sejak beberapa hari terakhir dengan tingkat keterisian hampir penuh.

Sebelummya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan mencari alternatif terakhir untuk gedung isolasi pasien COVID-19 mencermati lonjakan kasus penyakit akibat virus SARS CoV-2 itu.

"Kami ada LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan), SMK 57 termasuk beberapa GOR sebagai alternatif paling akhir," ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemerintah Kota Jakarta Selatan Achmad Basyaruddin di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Namun, ia menekankan tempat yang masih dalam proses itu adalah pilihan terakhir karena saat ini prioritas untuk ruang isolasi akan dirujuk asrama haji dan rumah susun yang sedang disiapkan pemerintah.

"Saat ini sedang disiapkan Rusun Nagrak dan asrama haji juga sebagai back up Wisma Atlet," ujarnya.