Bantu Penyediaan Tabung Oksigen; OPD DKI Dirikan Posko Rescue Oxygen
Foto :

Jakarta, HanTer - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Perhubungan, berkolaborasi mendirikan Posko Rescue Oxygen di kawasan Lenggang Jakarta Monas, Jakarta Pusat. Posko tersebut guna membantu penyediaan tabung oksigen untuk rumah sakit pemerintahdan swasta khusus COVID-19.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta, Purwadi mengatakan, Posko Rescue Oxygen mulai beroperasi membantu pengisian tabung oksigen untuk pemenuhan kebutuhan rumah sakit pemerintah dan swasta di ibu kota.

"Kami (Pemprov) DKI Jakarta mendapat donasi dari CSR PT Krakatau Steel di Cilegon untuk pengisian sebanyak 254 tabung oksigen secara gratis yang akan didistribusikan ke rumah sakit pemerintah dan swasta se-Jakarta setiap hari," ujar Purwadi di Posko tersebut, Minggu (4/7/2021).

Menurutnya, satu rumah sakit mendapat jatah pengisian gratis sebanyak 10 tabung oksigen ukuran besar.

Ia menjelaskan, mekanisme penyaluran bantuan yakni rumah sakit mengantarkan sebanyak 10 tabung oksigen kosong ke posko untuk dibawa oleh armada truk dan petugas Pemprov DKI Jakarta ke tempat pengisian di kawasan Cilegon.

"Tabung oksigen yang telah diisi dibawa kembali pulang. Pihak rumah sakit mengambil kembali di posko Monas. Diperkirakan dibutuhkan waktu lima jam untuk satu kali proses pengiriman puluhan hingga ratusan tabung oksigen dari Monas ke Cilegon hingga kembali lagi ke posko," jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, seluruh OPD diinstruksikan bergerak dalam rangka penanganan COVID-19 di ibu kota.

"Posko Rescue Oxygen di Monas dibuka selama berlangsungnya penanganan COVID-19 di ibu kota. Insya Allah dengan adanya bantuan CSR dari PT Krakatau Steel dapat membantu mengurai kepadatan di tempat pengisian oksigen di kawasan Pulogadung," tandasnya.

Diketahui, Posko Rescue Oxygen didirikan atas kolaborasi dengan sejumlah OPD Pemprov DKI Jakarta di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Perhubungan untuk membantu penyediaan tabung oksigen untuk rumah sakit pemerintahdan swasta khusus COVID-19.