Anies Tegur Perusahaan Yang Pekerjakan Karyawan Hamil Saat PPKM
Foto :

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta menegur manager HRD PT Equity Life Indonesia lantaran masih mempekerjakan karyawan yang tengah hamil saat PPKM darurat. Padahal selama PPKM darurat, perkantoran wajib bekerja dari rumah atau work from home (WFH) hingga 100 persen

"Ada ibu hamil tetap bekerja, saya sampai tegur tadi Manager HRD-nya. Seorang ibu yang menjadi manager HRD, saya katakan harusnya seorang ibu lebih sensitif lindungi perempuan dan lindungi ibu hamil. Tidak seharusnya mereka berangkat bekerja seperti ini," kata Anies yang dikutip Harian Terbit dari akun Instagram miliknya @aniesbaswedan, Selasa (6/7/2021).

Anies mengatakan, jika ibu hamil terpapar Covid-19, potensi komplikasi penyakit yang akan dialami lebih besar. Bahkan tingkat kematiannya juga lebih tinggi dibanding pasien Covid-19 yang tidak dalam keadaan hamil.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menilai, pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan itu tidak hanya pada aturan pemerintah. Tapi juga, pelanggaran terhadap kemanusiaan dalam upaya melindungi masyarakat dari paparan Covid-19.

"Pelanggaran yang dilakukan bukan sekadar pelanggaran atas peraturan yang dibuat oleh pemerintah, tapi ini adalah pelanggaran atas tanggung jawab kemanusiaan," ujarnya.

Dirinya sekaligus menyindir perusahaan yang tetap mempekerjakan karyawannya di kantor itu. Meski karyawan di sana adalah orang terdidik, namun perusahaan tetap mengabaikan ketentuan dari pemerintah.

"Kantor-kantor di gedung pencakar langit Jakarta di lantai 43 semuanya adalah orang-orang yang sangat terdidik. Kantornya bukan kantor yang termasuk esensial dan bukan termasuk kritikal, tapi semua tetap bekerja," katanya.

"Ini bukan saja melanggar peraturan tapi tidak memikirkan keselamatan. Saya sampaikan tadi pada managernya bahwa, buat aturan untuk melindungi pegawainya," lanjutnya.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berang dengan adanya perkantoran yang masih beroperasi saat PPKM darurat berlangsung. Kemarahan Anies itu terungkap dari instastory Instagram miliknya, @aniesbaswedan yang diposting pada Selasa (6/7/2021) siang.

Saat itu Anies yang ditemani jajaran Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta dan Satpol PP DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Equity Life Indonesia dan Ray White Indonesia, di Sahid Sudirman Center, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Anies lantas mencari pihak HRD yang bertanggung jawab terhadap kehadiran para karyawan perkantoran di sana.

"Mana HRD nya?. Ini bukan soal pelangaran aturan. Siapa nama Ibu?," tanya Anies yang dilihat dari akun Instagram miliknya pada Selasa (6/7/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menyebut, sikap perempuan bernama Diana selaku HRD Ray White Indonesia tidak bertanggung jawab. Kata dia, pemerintah tidak memikirkan untung-rugi perusahaan, tapi lebih mengutamakan nyawa warganya.

"Ini bukan soal untung-rugi, ini soal nyawa. Kita ini mau nyelametin nyawa orang dan orang-orang seperti ibu ini yang egois," ketus Anies sambil menunjuk sosok Diana yang berdiri di hadapannya.