Kantor Pemkot Jakarta Timur Akan Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19
Foto :

Jakarta, HanTer - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menyiapkan tempat isolasi pasien Covid-19 di kantor Wali Kota. Seluruh sarana dan prasarana telah dioperasikan namun belum digunakan karena merupakan pilihan terakhir sebagai tempat isolasi khusus.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat, mengatakan, lokasi yang disiapkan yakni lantai empat dan delapan Blok A dengan kapasitas tampung sekitar 400 pasien serta aula serbaguna Blok C dengan kapasitas tampung sekitar 100 pasien Covid-19 tanpa gejala buruk.

"Dari persiapan ruang di Blok A dan Blok C kantor Wali Kota sudah siap digunakan, tapi sampai sekarang belum terisi pasien Covid-19 karena ini opsi terakhir," kata Hendra di‚Äč Cakung, Jakarta Timur, Selasa (13/7/2021).

Dia menjelaskan, kantor Wali Kota Jakarta Timur baru diisi pasien isolasi Covid-19 setelah tempat isolasi khusus yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta sudah penuh. Sementara untuk tempat isolasi pasien dengan gejala sedang hingga buruk terpapar Covid-19 Satgas Covid-19 Jakarta Timur belum memiliki pilihan karena keterbatasan sarana dan prasarana.

"Kalau persiapan Blok A dan Blok C jadi tempat isolasi sebenarnya sudah selesai, sudah siap. Kita sudah lakukan gladi alur evakuasi pasien, pembagian tugas juga sudah. Tapi itu tadi, ini pilihan terakhir jadi tempat isolasi khusus," ujarnya.

Hendra menuturkan, alasan lantai empat dan delapan di Blok A dan ruang serbaguna di Blok C kantor Wali Kota Jakarta Timur dijadikan opsi terakhir untuk tempat isolasi pasien Covid-19 karena kantor Wali Kota Jakarta Timur adalah lokasi pelayanan publik yang setiap harinya didatangi warga yang hendak mengurus keperluan administrasi dan lainnya.

Alasan selanjutnya yakni gedung Blok C yang berada di tengah area kantor Wali Kota banyak dilalui warga dan pegawai sehingga dikhawatirkan saat ambulans dan kendaraan medis masuk terhambat.

"Blok A ada pintu masuk lain yang terpisah, sehingga tidak ada masalah akses keluar masuk ambulans. Tapi untuk Blok C itu lokasinya di tengah-tengah, ini yang dikhawatirkan ketika masuk ambulans terganggu," tuturnya.