PPKM Level 4 Diperpanjang, Polda Metro: Masih Ada Pembatasan Mobilitas
Foto : Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo

Jakarta, HanTer - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menuturkan, pihaknya masih melalukan pembatasan mobilitas masyarakat, baik di wilayah DKI Jakarta maupun daerah penyangga, mengingat masih masuk kriteria PPKM Level 4.

Dia mengungkapkan, tidak ada pelonggaran terhadap pembatasan mobilitas masyarakat. Yang jumlahnya ada 100 titik ruas jalan dengan penjagaan.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Pedagang Pasar Tagih Insentif hingga Masker Gratis, penjagaan ini tak hanya dilakukan Polda Metro Jaya semata, tapi oleh aparat gabungan lain seperti TNI dan Satpol PP.

"Aturan sama seperti kemarin, karena kita masih sama di PPKM level 4," ujar Sambodo dalam keterangannya, Senin (26/7/2021).

Setali tiga uang, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan, tidak ada perubahan dalam pembatasan mobilitas masyarakat.

"Masih sama (ada penyekatan). Tetap sama semua," ucap dia.

PPKM Level 4 masih diperpanjang dari 26 Juli sampai 2 Agustus 2021. DKI Jakarta masih masuk dalam kriteria level tertinggi tersebut.

Hal ini tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019, di Wilayah Jawa dan Bali. Tepatnya berada di Diktum Kesatu.

"Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria Level 4 (empat)  yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," demikian bunyi Diktum Kesatu poin a Inmendagri Nomor 24 Tahun 2021, yang dikutip pada Senin (26/6/2021).