MRT Geser Tugu Jam Yang Sudah Dibangun Sejak 1969
Foto : antara (ist)

Tugu jam bersejarah yang terletak di perempatan Jalan MH Thamrin dan Jalan Kebon Sirih akan tergusur sementara oleh proyek MRT. Setelah penggusuran sementara, jam akan dikembalikan ke tempat semula.

Sebelum digusur sementara untukpembangunan Stasiun MRT, bangunan jam akan dilakukan  'mutilasi' menjadi tiga bagian untuk selanjutnya dilakukan penyimpanan.

Penggusuran bangunan jam setinggi 12,5 meter yang dibangun pada tahun 1969 itu sedianya dilakukan pada Juli ini. Tetapi pelaksanaannya diundur untuk menyesuaikan rakayasa lalulintas yang sudah berjalan.

"Kami semula ingin memindahkan pada Juli, tetapi terjadi PPKM, selain itu juga perlu melakukan rekayasa lalulintas. Akibatnya harus melakukan perubahan strategi pemindahan yang rencananya baru Oktober nanti," jelas Direktur Utama PT MRT Jakarta Wiliam Sabandar dalam webinar Jumat.

Rencana penggusuran sementara kini, menurut Wiliam telah mendapat izin dari Gubernur DKI Anies Baswedan tanggal 25 Juni 2021. "Izin semua sudah lengkap tinggal masalah teknis pemindahan tugunya yang nanti akan dilakukan Oktober 2021," tambahnya.

Teknis pemindahannya, tambah William, bangunan tugu jam itu akan dipotong menjadi tiga bagian saat akan dipindahkan. Bagian puncaknya atau jamnya, badan tugudan bagian kaki yang dijadikan pos polisi.

Setelah dipotong dengan mempertimbangkan sisi arkeolog, bagunan berikut jam akan disimpan di sekitaran monas. Bangunan jam akan dikembalikan ke tempat semula setelah pembangunan Stasium MRT Thamrin selesai pengerjaannya.(us)