PPKM Diperpanjang, KAI Tetap Wajibkan Dokumen Perjalanan
Foto :

JAKARTA - Presiden Jokowi memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 hingga 9 Agustus 2021.

PT KAI Commuter menyatakan dukungannya atas upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19 itu. 

Makan, dokumen perjalanan seperti STRP maupun surat keterangan lainnya tetap menjadi syarat  untuk pengguna di sektor esensial dan kritikal agar dapat naik KRL.

"Petugas di lapangan juga akan memeriksa dengan ketat kelengkapan dokumen yang disyaratkan. Ketentuan tersebut tetap berlaku hingga ada informasi lebih lanjut," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/8/2021). 

Ia menyebut dokumen yang harus dibawa untuk menumpang KRL adalah surat tanda registrasi pekerja (STRP) dari pemerintah daerah setempat; atau surat tugas dari pimpinan perusahaan maupun instansi pemerintahan tempatnya bekerja. 

Di samping itu, pengguna dengan kebutuhan mendesak (keperluan medis/pengobatan, persalinan, duka cita, vaksinasi) juga wajib menunjukkan dokumen atau surat keterangan yang sesuai. 

Menurutnya, KAI Commuter telah melaksanakan berbagai upaya guna mendukung program percepatan vaksinasi nasional melalui vaksinasi di stasiun. Tercatat, sudah lebih dari 3.000 orang mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan di lima stasiun, yaitu Stasiun Duri, Angke, Jakarta Kota, Rangkasbitung, dan Cikarang.

"Khusus vaksinasi di Stasiun Cikarang kami telah memvaksinasi 370 orang pengguna KRL dan masyarakat sekitar stasiun. Kami terus membuka kerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk melaksanakan vaksinasi di stasiun, guna tercapai kekebalan komunal," lanjutnya.

Hari ini, 3Agustus 2021, vaksinasi tersedia di Stasiun Cikarang untuk melayani dosis pertama, Stasiun Duri melayani dosis pertama maupun kedua, dan Stasiun Angke yang melayani dosis pertama maupun kedua.

"Bagi para pengguna KRL yang mau divaksin dapat mendaftarkan diri melalui situs web kami di vaksinasi.krl.co.id untuk mengikuti vaksinasi besok. Kami juga mengajak para pengguna KRL untuk mengikuti program vaksinasi di stasiun ini, agar dapat terlindungi dan terjaga kesehatannya dalam menggunakan transportasi publik khususnya KRL," katanya. (*/yp)