PPKM Diperpanjang, Anies Yakin Kasus Covid-19 DKI Makin Turun
Foto : Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (instagram aniesbaswedan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 hingga 9 Agustus 2021. Gubernur DKI Anies Baswedan pun yakin kasus Covid-19 di Jakarta bakal turun. 

"Selama satu bulan kita menjalankan aktivitas, kita sudah lihat dampaknya kasus aktif turun dari puncaknya 113 ribu sekarang menjadi 16 ribu, rumah sakit mulai berkurang jumlah pasiennya, tempat isolasi, Wisma Atlet, Rusun Nagrak, sudah mulai berkurang orang isolasinya," katanya di Sekolah Santa Ursula, Jakarta Pusat, Selasa (3/8/2021). 

Ia menyebut semua itu adalah perjalanan usaha. Karenanya ia meminta untuk sama-sama menuntaskan dan tak berhenti atau merasa sudah aman. 

Data Dinas Kesehatan DKI, sambungnya, menunjukkan  2.000-3.000 orang baru yang terpapar Covid-19.

"Kita perlu menuntaskan kapan akan masuk aman secara epidemiologi," katanya. "Ada yang namanya postivity rate pertengahan bulan juli 45%, saat ini 12 atau 13 %. Baru disebut aman bila di bawah 5 %," ujarnya. 

Menurutnya, saat ini Jakarta belum aman karena positive rate masih di atas 5 persen. 

Ia mengajak semuanya untuk taat protokol kesehatan. "Kita teruskan mudah-mudahan tidak lama lagi, sesudah ini benar-benar terkendali insyaallah bisa leluasa kegiatan. Lalu yang kedua, lakukan vaksinasi, datangi tempat vaksinasi," katanya. (*/yp)