Website Diretas, KPU Jaktim Belum Ambil Langkah Hukum
Foto : Ilustrasi (ist)

Jakarta, HanTer - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur (Jaktim) belum mengambil langkah hukum terkait peretasan website mereka yang dilakukan pada, Selasa (17/8/2021). Meskipun KPU Jakarta Timur telah mengantongi identitas peretas yang mengatasnamakan By Clan_17.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu hasil keputusan pemangku kebijakan ditingkat Provinsi dan Pusat.

"Kami lagi Konsul dan meminta arahan pimpinan kami di KPU DKI dan KPU RI," ujarnya di Jakarta Timur, Kamis (19/8/2021).

Wage menjelaskan, imbas peretasan tersebut saat ini pihaknya masih melakukan pemulihan laman mereka di https://jakartatimur.kpu.go.id/.

Sejauh ini langkah kami adalah melakukan konsolidasi internal dan pemulihan web yang kena hack. Sampai saat ini data aman, tidak ditemukan ada yang hilang," ujarnya.

Sebelumnya, peretas situs KPU Jakarta Timur menyampaikan kritik terhadap pemerintah terkait hari Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-76 hingga penanganan pandemi Covid-19.

Menurut peretas, sejak tahun 2020 pandemi melanda Indonesia hingga kini penanganan Covid-19 dilakukan pemerintah belum efektif, bahkan dijadikan bisnis sejumlah pihak.

"Tahun yang di mana banyaknya orang meninggal dan langsung dikatai corona, tahun yang di mana pemerintah yang sukses berbisnis dengan rakyatnya dengan isu corona," demikian bunyi protes yang disampaikan peretas dsitus KPU Jakarta Timur, Rabu (18/8/2021).