Restoran Diizinkan Beroperasi Hingga Pukul 00.00 WIB
Foto : Ilustrasi (ist)

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan restoran, rumah makan, dan kafe beroperasi melayani pembeli secara terbatas dengan jumlah pengunjung maksimal 25 persen, mulai sore hingga pukul 00.00 WIB.  

Aturan itu dikutip di Jakarta, Rabu, dari Keputusan Gubernur DKI Nomor 1122 tahun 2021 tentang PPKM level tiga, yang aturannya  merujuk pada  Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 43 tahun 2021.

Dalam Keputusan Gubernur DKI itu disebutkan, restoran, rumah makan, dan kafe, dapat menerima konsumen untuk makan di tempat secara terbatas pada jam operasional pukul 18.00 WIB hingga pukul  00.00 WIB dengan protokol menerapkan kesehatan ketat.

Pengunjung dan karyawan, seperti dilansir Antara, wajib memindai sertifikat vaksinasi pada papan kode bar aplikasi PeduliLindungi di pintu masuk restoran, rumah makan, dan kafe.

Keputusan Gubernur DKI itu ditandatangani Anies Baswedan pada Senin (20/9) dan berlaku mulai  21 September hingga 4 Oktober 2021.

Anak 12 Tahun

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengharapkan aturan yang memperbolehkan anak di bawah 12 tahun mengunjungi mal bersama orangtuanya tak terbatas diberlakukan di 5 kota seperti saat ini.

Hal itu berkaca dari semakin baiknya penerapan protokol kesehatan hingga pemberlakuan protokol "Wajib Vaksinasi" yang menjadi jaminan bahwa setiap pengunjung dan pegawai yang masuk ke dalam mal sudah menerima vaksin COVID-19.

"Diharapkan juga dalam waktu tidak terlalu lama bahwa usia kurang dari 12 tahun dapat memasuki semua pusat perbelanjaan yang berada di wilayah lain selain DKI Jakarta, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta dan Surabaya," kata Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja kepada ANTARA, ditulis Rabu.