Wali Kota Jaktim Ajak Perusahaan Salurkan CSR ke Perlindungan Pekerja Rentan
Foto :

Jakarta, HanTer - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menggelar sosialisasi dan edukasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bertema “Silaturahmi dan Perlindungan Terhadap Pekerja Rentan”.

Bertempat di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (22/9/2021), tema kegiatan Silaturahmi dan Perlindungan Terhadap Pekerja Rentan tersebut bermakna mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagi perlindungan jaminan sosial bagi pekerja rentan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, membuka langsung kegiatan tersebut, dan dihadiri Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, dan Kepala Bagian Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Timur, Yeni Asnita.

Turut hadir, Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan, Eko Nugriyanto, Kepala Kantor Cabang Jakarta Rawamangun BPJS Ketenagakerjaan, Aland Lucy Patitty, Kepala BPJS Cabang Jakarta Pulo Gebang BPJS Ketenagakerjaan, Jefri Iswanto, dan Kepala Kantor Cabang Jakarta Ceger BPJS Ketenagakerjaan, Cep Nandi Yunandar.

Dalam sambutannya, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar membuka kesempatan bagi CSR (Corporate Social Responsibility) untuk membantu pekerja rentan di wilayah Jakarta Timur yang berjumlah sekitar 62.000 orang.

“Pemerintah Kota Jakarta Timur sangat berharap bantuan CSR berbentuk iuran yang diberikan kepada pekerja rentan di wilayah Jakarta Timur ini dapat dilindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan 3 tahun ke depan,” ujar Wali Kota.

Baginya, bantuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja di wilayah Jakarta Timur. Diantaranya, risiko kecelakaan kerja hingga meninggal dunia, atau meninggal akibat lainnya dapat memberikan kesejahteraan bagi ahli waris, seperti anak agar bisa bersekolah hingga perguruan tinggi.

“Inilah yang kami harapkan dapat terlaksana di Jakarta Timur yang iurannya hanya sebesar Rp16.800 per orang untuk pekerja rentan per bulan dapat dibantu melalui CSR dari perusahaan yang mempunyai jiwa sosial tinggi di wilayah Jakarta Timur,” harapnya.

Sementara itu, Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan, Eko Nugriyanto, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dan Wali Kota Administrasi Jakarta Timur.

Ia pun menyambut baik arahan Wali Kota kepada jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja sosial dan keagamaan di Jakarta Timur untuk dianggarkan.

"Ini sangat luar biasa sekali dari kita akan segera terealisasi. Jika ini benar terealisasi maka ini akan menjadi yang pertama di DKI Jakarta dan akan menjadi contoh yang menjadi inspirasi untuk wilayah lain,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Jakarta Rawamangun BPJS Ketenagakerjaan, Aland Lucy Patitty mengatakan, BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Rawamangun terus menjalin komunikasi dan edukasi dengan perusahaan maupun pengusaha di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan awareness terhadap kesejahteraan dan perlindungan para pekerja rentan.

“Pekerja rentan adalah mereka yang memiliki risiko tinggi dalam bekerja dengan penghasilan minim, sehingga membutuhkan uluran tangan dari para donatur,” ungkap Lucy.

Program perlindungan pekerja rentan sendiri sudah lama dijalankan BPJAMSOSTEK, yang diberi nama GN Lingkaran (Gerakan Nasional Peduli Pekerja Rentan), tepatnya pada 2017. GN Lingkaran mencakup dua program perlindungan dasar jaminan sosial ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan iurang hanya Rp16.800 per orang per bulan.

Kategori pekerja rentan merupakan pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) ini seperti buruh harian, tukang parkir, supir angkutan, marbot, hingga tukang ojek. Penghasilan mereka terbatas untuk memenuhi kebutuhan harian, sehingga tidak mencukupi untuk membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Rawamangun menyampaikan apresiasi atas komitmen dukungan dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur terhadap perlindungan pekerja rentan. Tentunya kami akan terus berkoordinasi dengan perusahaan dan stakeholder lingkup wilayah kerja kami untuk mengoptimalkan program GN Lingkaran ini,” pungkas Lucy. (Arbi)