4 Tahun Jalani Amanah, Gubernur Anies Tuntaskan 70 Persen Janji Politiknya
Foto : Gubernur DKI Jakarta, Anies Tuntaskan/ ist

Jakarta, HanTer - Empat tahun sudah Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta. Selama waktu itu pula Anies telah menuntaskan sebagian besar dari janji-janjinya di masa kampanye dulu.

Anies Baswedan dilantik bersama Sandiaga Uno pada 16 Oktober 2017 setelah menang dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Anies sempat memimpin DKI Jakarta sendirian menyusul mundurnya Sandiaga sebagai Wakil Gubernur pada 10 Agustus 2018 lantaran mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden.

Namun kursi Wagub itu sudah diisi kembali oleh politikus Gerindra Ahmad Riza Patria pada 6 April 2020.

Menurut Ketua Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ), Endriansah alias Rian, selama empat tahun berkuasa, jalan politik Anies tidak mulus.

Rian mengatakan, tidak jarang dinamika politik praktis yang tumbuh DPRD DKI Jakarta melahirkan distorsi informasi yang diterima masyarakat.

"Perbedaan kepentingan politik antara wakil rakyat melahirkan perbedaan informasi pula kepada masyarakat atas satu objek kebijakan yang sama," tutur Rian dalam Webinar Zoom FPPJ  bertajuk "Mengukur 4 Tahun Kinerja Kepemimpinan Gubernur Anies" yang digelar hybrid, Sabtu (25/9/2021).

Berdasarkan kajian FPPJ, lanjut Rian, selama empat tahun menjadi orang nomor satu di ibukota,  Anies telah berhasil melaksanakan hampir 70 persen dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD.

Di antaranya program Jakpreneur,  KJP Plus, pembebasan PBB,  penataan trotoar dan transportasi terintegrasi. Meski demikian, FPPJ juga menyoroti masih minimnya tingkat hunian rumah DP 0 persen.

Selanjutnya FPPJ juga turut memberikan apresiasi atas berbagai perhargaan yang  diterima oleh Pemprov DKI era Anies, baik dari organisasi atau institusi dalam dan luar negeri.

Misalnya 21Heroes2021 dari lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI) yang menobatkan Anies Baswedan dalam deretan 21 orang pahlawan transportasi dunia.

"Termasuk raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama empat tahun berturut-turut," kata Rian.

Pelaksanaan vaksinasi di Jakarta juga tertinggi di Indonesia. Saat ini telah mencapai 100 persen. "Janji Anies yang belum tercapai akan kita kawal sebaik-baiknya agar tuntas hingga 2022," katanya lagi.

Webinar FPPJ menghadirkan narasumber Anggota DPD RI asal DKI Jakarta Sylviana Murni, Politikus Nasdem Bestari Barus, Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta August Hamonangan dan Pemerhati Sosial Aminullah.