Cari Solusi di Masa Pandemi, Ketua DPD APKLI JakBar Perjuangkan Nasib Pedagang Kaki Lima
Foto : Ketua DPD  APKLI wilayah Jakarta Barat, Indra Danu Suhendar (keempat dari kiri)/ ist

Jakarta, HanTer - Hingga kini pandemi Covid-19 membuat banyak pedagang kaki lima  yang kehilangan mata pencaharian. Penutupan lokasi jualan atau sepinya pembeli menjadi sebab banyak pedagang kaki lima yang terpaksa harus berhenti berjualan. 

Melihat hal tersebut, Ketua DPD  APKLI (Asiosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia) wilayah Jakarta Barat, Indra Danu Suhendar mencoba berkontribusi mencari solusi memperjuangkan nasib para pedagang kaki lima di wilayah Jakarta Barat.

"Di masa Pandemi seperti sekarang ini para pedagang kaki lima dan warung kecil semuanya menjerit. Situasi pendemi berdampak menurunnya pendapatan masyarakat sehingga berdampak kepada para pedagang kaki lima. Gak cuma di wilayah Jakarta Barat saja tapi di seluruh tanah air," ungkap Indra Danu Suhendar di sela-sela kegiatan sosialisasi kepada pedagang kaki lima di wilayah Taman Sari, Jakarta Barat, Ahad (24/10/2021).

Menurut Indra saat ini tugas APKLI adalah mensosialisasikan semua program pemerintah terutama untuk UMKM termasuk pedagang kaki lima. Apalagi program-program pemerintah baik dari Pemda DKI Jakarta sampai berbagai departemen termasuk salah satunya Kementrian Koperasi. Tak hanya itu, program-program pihak swasta untuk para pedagang kaki lima juga menjadi salah satu kegiatan APKLI.

"APKLI mengawal para pedagang kaki lima untuk mendapatkan berbagai program pemerintah termasuk bantuan modal dari instansi pemerintah dan juga swasta," lanjut Indra Danu yang juga calon LMK untuk kelurahan Rawabuaya, Jakarta Barat.
Ditambahkan Indra,  beberapa program APKLI yang sudah pernah berjalan adalah pengadaan lapak pedagang Kaki Lima di beberapa wilayah di Jakarta salah satunya wilayah Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

"Ketua umum APKLI bapak dr. Ali Mahsun M.Biomed, memiliki tujuan memperjuangkan para pedagang kaki lima dalam meningkatkan perekonomian mikro. Bila para pedagang kaki lima berjalan, berjalan pula perekenomian negara ini. Kita beraharap dengan kerja keras APKLI memperjuangkan para pedagang kaki lima bisa meningkatkan perekonomian bangsa," tutup Indra yang juga Ketua III DPW DKI Jakarta organisasi Bina Bangun Bangsa salah satu konsultan pembangunan di DKI, Jakarta