Kasatpol PP DKI Instruksikan Operasi Pembersihan Ranjau Paku
Foto :

Jakarta, HanTer - Maraknya penebar ranjau paku di Ibu Kota, tentunya meresahkan masyarakat Jakarta, khususnya para pengguna kendaraan bermotor di jalan raya.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, menginstruksikan jajarannya di 5 (lima) Wilayah Kota Administrasi untuk melakukan operasi pembersihan ranjau paku.

"Apel operasi ini bentuk respon cepat kita dalam memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan kepada warga Jakarta terhadap gangguan ketenteraman dan ketertiban umum. Satpol PP selain melaksanakan tugas penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum; juga mempunyai tugas untuk melindungi masyarakat dari tindakan kejahatan," jelas Arifin di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Dengan adanya kolaborasi dalam operasi pembersihan ranjau paku di Jakarta, pemetaan dan pengawasan ranjau-ranjau di jalan-jalan Ibu Kota diharapkan dapat berjalan optimal. Satpol PP pun telah menyiapkan alat-alat khusus untuk membersikan semua ranjau-ranjau yang ada di jalan-jalan Ibu Kota bersama tim relawan Cyber Community, serta dinas-dinas terkait.

"Kita berharap ke depan tidak ada lagi pihak-pihak ataupun mungkin orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan jalan-jalan di Ibu Kota untuk mencari keuntungan. Saya berharap operasi ranjau ini dapat dilakukan dengan segala upaya yang kita punya secara swadaya. Kita siapkan alat-alat ini kemudian bekerja sama dengan para relawan Cyber Community yang dari tahun 2010 secara aktif membantu membersihkan ranjau paku di jalan," ungkap Arifin.

Sasaran Operasi Pembersihan Ranjau Paku merupakan jalan-jalan yang sudah diidentifikasi selama ini rawan penyebaran ranjau paku, yakni sebagai berikut :
1. Jakarta Pusat : Jl.Veteran, Jl.Letjen Suprapto, mengarah underpass Senen, Gunung sahari mengarah Mangga Dua, Kalbe (Atrium)

2. Jakarta Selatan : Jl.Gatot Subroto, Area Fly Over Pancoran, Jl.Metro Pondok Indah, Perempatan Fedex mengarah TB Simatupang, Kolong Semanggi Depan RS Tebet

3. Jakarta Timur : Jl.Raya Bekasi, Sekitar Pasar Pramuka, Sepanjang Jatinegara, Jl.Gatot Subroto, Flyover Slipi, Pancoran, MT. Haryono Pancoran dan Cawang Jl.Raya Cakung - Cilincing

4. Jakarta Barat : Jl.Kyai Tapa, dari Grogol mengarah Roxy

5 Jakarta Utara : Jl.Yos Sudarso, Jl.Benyamin Sueb Depan PRJ, Jl.H jiung, Jl.Garuda

"Lokasi yang akan menjadi sasaran, saya minta ini nanti bisa dikembangkan. Karena kalau kita sudah tetapkan secara baku, bisa saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab itu berpindah ke tempat lainnya. Jadi tidak hanya berpaku pada lokasi jalan yang tadi sudah disebutkan. Kita akan dinamis untuk terus berupaya menjadikan jalan-jalan di Jakarta menjadi jalan yang ramah, aman dan nyaman bagi para pengguna kendaraan bermotor," tegas Arifin.

Di samping itu, Arifin mengatakan, sejumlah pelaku penebar ranjau paku di jalan telah ditindak dan diproses secara hukum pidana. Satpol PP DKI bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk menindak pelaku kejahatan di Ibu Kota.