Polda Metro Limpahkan Berkas perkara Rachel Vennya ke JPU
Foto : Rachel Vennya

Jakarta, HanTer - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Metro Jaya, mengirimkan berkas perkara kepada jaksa penuntut umum (JPU), atas kasus pelanggaran protokol kesehatan (prokes) berupa melarikan diri dari karantina.

Dalam kasus tersebut, ditetapkan empat orang tersangka, yakni selebgram Rachel Vennya, Salim Naudrer, Maulida Khairunnia, dan seorang penjaga di Bandara Soekarno Hatta berinisial OP. Berkas perkara pun akan dilimpahkan pertama kalinya ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Untuk (kasus) Rachel, sudah tahap pemberkasan dan hari ini (dilimpahkan) ke JPU," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dikonfirmasi, Senin (15/11/2021).

Dia menjelaskan, berkas perkara displit menjadi dua berkas berbeda. Pemisahan berkas dilakukan berdasarkan peranan para tersangka.

"Untuk dua berkas perkara LP Rachel Vennya dan kawan-kawan, 1 LP berkasnya di split berdasarkan peranannya, makanya berkasnya berbeda," jelas dia.

Untuk diketahui, Rachel Vennya hanya menjalani karantina tiga hari usai bepergian dari luar negeri. Padahal, dia seharusnya menjalani karantina selama delapan hari di RSDC Wisma Atlet.

Pengusutan menemukan Rachel Vennya melarikan diri dari lokasi karantina, dengan bantuan dua oknum anggota TNI. Keduanya pun telah dikembalikan ke TNI Angkatan Udara sebagai bentuk sanksi.