JAKARTA - Aparat Bagian Administrasi Pembangunan  Sekretariat  Daerah Kota Bandung melakukan kunjungan kerja ke Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021). 

Rombongan empat orang yang dipimpin Kasubag Penyusunan Program Bagian Administrasi Pembangunan Kota Bandung, Elfi Efrini AS, diterima langsung Asisten Ekonomi Pembangunan Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting, didampingi Kabag Pembangunan dan Lingkungan Hidup (PLH), Martua Sitorus di Ruang Saber Pungli. 

Elfi menyebut kunjungannya untuk belajar dan mengetahui perbandingan tupoksi penataan kota dan pembangunan infrastruktur. Khususnya dalam lingkup koordinasi, validasi dan juga sinkronisasi pembangunan. 

"Kami ingin belajar penataan kota karena saya lihat banyak inovasi pembangunan infrastruktur seperti pembangunan trotoar, pembuatan JPO  dan lain-lain, disini saya lihat semuanya sangat baik dan bagus,“ kata Elfi. 

Ia berharap hasil kunjungan kerja ini bisa menjadi referensi untuk diterapkan di Kota Bandung. 

Menanggapi hal itu, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan kebijakan umum tidak ada di tingkat kota karena yang ada adalah kebijakan operasional. Ini bersifat  monitoring, implementasi dan pemantauan tugas-tugas teknis. 

"Dalam penataan kota itu sendiri, kita mengacu pada musrenbang atas usulan warga yang nantinya disinkronkan ke tingkat DKI. Dari hasil musrenbang tersebut nanti digodok oleh gubernur dan DPRD," kata Ginting. (*/yp)