Formula E Dinilai Penting untuk Edukasi Masyarakat
Foto :

Jakarta, HanTer - Turnamen Formula E dinilai dapat mengedukasi masyarakat tentang penggunaan tenaga listrik. Seperti diketahui saat ini kendaraan bermotor masih didominasi berbahan bakar minyak atau energi yang tidak terbarukan, dibanding tenaga listrik.

"Jadi kedatangan Formula E dalam rangka mengedukasi masyarakat dari mobil (dari bahan) fosil ke mobil listrik. Dengan demikian, kita bisa menghemat APBN setiap tahun Rp60-80 triliun terhadap subsidi yang selama ini kami berikan kepada masyarakat yang memakai BBM," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Dalam kesempatan itu, hadir Co Founder Formula E Operations (FEO) Alberto Longo dan Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto.

"Dengan begitu dana subsidi tersebut bisa dialihkan untuk kebutuhan lain seperti kesehatan, pendidikan dan sebagainya," ujar Bamsoet.

Hingga kini, kata dia, IMI terus menjalin komunikasi dengan FEO dan Jakpro untuk menyiapkan turnamen Formula E. Dia merasa, turnamen ini memiliki tujuan yang luar biasa untuk kepentingan Indonesia di masa mendatang.

"Salah satu pembalap kita yang baru saja menjuarai balap Endurance (FIA World Endurance Championship 2021) juara kedua. Saya sedang merayu Sean Gelael untuk ikut ambil bagian pada event Formula E ini agar Indonesia memiliki lokal hero," imbuhnya.