Dinas Kesehatan Klaim 93 Lansia di Jakarta Sudah Vaksinasi
Foto : Ilustrasi

JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebut 93 persen lansia di ibukota telah mendapat suntikan vaksin Covid-19. 

"Sekitar 93 persen divaksin dosis pertamanya, dosis kedua 80 persen lebih. Kemudian tenaga kesehatan sudah sampai dosis ketiga," katanya di Jakarta, Jumat, (26/21/2021).

Menurutnya, untuk  mencapai target itu, Dinkes DKI akan melakukan vaksinasi dengan mendatangi dari rumah ke rumah di tingkat RT. 

"Kami terus melakukan upaya vaksinasi ini sampai masuk ke RT. Makanya masih ada yang belum tergerak sehingga salah satu strateginya adalah dengan Peduli Lindungi. Kalau yang sudah divaksin sudah diberi kemudahan, karena mau naik apa naik pesawat mau masuk mal pakai itu," katanya. 

Mengenai vaksin booster, ia mengatakan masih belum diterapkan di tengah masyarakat. Alasannya harus menunggu keputusan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Ia menyebut pada Maret lalu, 43 persen warga Jakarta sudah terbentuk imunitas tubuhnya.

"Padahal waktu itu belum divaksin. Artinya, secara alami warga DKI Jakarta sudah terbentuk kekebalan dan bisa bertahan bagus. Sekarang mendapatkan vaksin lagi sehingga relatif warga DKI yang sudah mendapatkan dua kekebalan," katanya. (*/yp)