Transjakarta Kecelakaan Lagi, Wagub Ariza: Kita Evaluasi Menyeluruh
Foto : Wakil Gubernur DKI Riza Patria

Jakarta, HanTer - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) bereaksi soal kecelakaan bus Transjakarta yang menabrak pos polisi di PGC Cililitan, Jakarta Timur.

Politisi Gerindra ini pun menyebut, pihaknya bakal melakukan evaluasi menyeluruh terhadap jajaran Transjakarta.

"Nanti akan kami evaluasi lebih lengkap dan menyeluruh apa sesungguhnya masalah yang terjadi sehingga terjadi tabrakan dan mati kami carikan solusi terbaik," ucapnya di Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Moda transportasi unggalan warga Jakarta ini belakangan memang menjadi sorotan.

Pasalnya, beberapa waktu terakhir bus Transjakarta kerap mengalami kecelakaan.

Bahkan, tabrakan bus Transjakarta yang terjadi di Jalan MT Haryono pada 25 Oktober 2021 lalu menyebabkan dua orang tewas.

"Memang ada beberapa kejadian belakangan ini, terkait sopir, masalah bus. Kemarin tabrakan, sekarang (menabrak) pos, ini nanti kami pelajari dulu," ujarnya di Balai Kota Jakarta.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan bus Transjakarta berpelat B 7069 PGA yang menabrak pos lalu lintas PGC Cililitan di Kramat Jati, Jakarta Timur pada Kamis (2/12/2021) sekira pukul 13.30WIB diduga akibat kelalaian.

Ceroboh

Kasat Lantas Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan dugaan itu karena dari hasil penyelidikan awal kecelakaan dipicu dongkrak yang bergeser lalu menimpa pedal gas saat bus berputar arah.

"Karena tidak seharusnya dongkrak ditaruh pada bagian depan. Dugaan kelalaian dari orang dalam (pekerja Transjakarta) itu," kata Edy di Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021).

Namun, karena kasus kecelakaan tunggal ini melibatkan Transjakarta penyelidikan ditangani sepenuhnya oleh Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, bukan Unit Laka Satlantas Jakarta Timur.

Jajaran Satlantas Jakarta Timur hanya membantu proses penanganan dan melakukan pemeriksaan awal terhadap sopir, serta membawa korban Pipit Sumaryanto (42) ke RS Polri Kramat Jati.

"Untuk dongkrak yang bergeser lalu menimpa pedal gas itu mampu mengangkat kendaraan sampai bobot 15 ton. Kasusnya ditangani Gakkum Polda Metro Jaya," ujarnya.

Bus Tranjakarta berpelat B 7069 PGA mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Mayjen Sutoyo, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur pada Kamis (2/12/2021).

Nugroho, saksi mata mengatakan bus yang melaju dari arah Harmoni dan hendak berputar arah ke Jatinegara menabrak pos lalu lintas di simpang PGC, Kramat Jati sekira pukul 13.30WIB.

"Kalau penyebabnya apa saya enggak tahu, pokoknya tiba-tiba bus menabrak pos. Setahu saya bus ada penumpang," kata Nugroho di Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021).

Kencangnya benturan mengakibatkan pos Satlantas Jakarta Timur di simpang PGC rusak berat dan nyaris ambruk, sementara bagian depan bus Transjakarta ringsek terdampak benturan.

Arus lalu lintas dari arah Depok menuju Jakarta macet total karena badan bus menutup dua lajur Transjakarta yang kecelakaan.

Arus lalu lintas baru berangsur normal sekira pukul 13.45WIB saat badan bus Transjakarta diderek unit derek Laka Satlantas dan Sudin Perhubungan Jakarta Timur dari lokasi.

"Sopirnya sempat dibawa ke pos polisi sektor depan PGC untuk diperiksa. Tapi kalau penyebabnya pasti apa saya enggak begitu tahu. Pokoknya sudah dibawa petugas," lanjut Nugroho.