Sindikasi Kredit Tembus Rp4 Triliun; Anies Apresiasi Kinerja Bank DKI
Foto :

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi langkah Bank DKI yang memimpin sindikasi kredit dan pembiayaan senilai Rp4 triliun kepada PT Permodalan Nasional Madani (PMN). Tidak hanya memimpin sindikasi, Bank DKI juga ditunjuk sebagai agen fasilitas, agen jaminan dan agen escrow.

"Ini memiliki nilai Rp4 triliun yang tadi bila dibayangkan penerima dari modal ini per unit usaha antara Rp2 sampai Rp5 juta, maka kita berbicara bisa sampai 2 juta unit usaha yang terfasilitasi lewat pembiayaan ini," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (6/12/2021).

Adapun penandatanganan perjanjian kredit dan pembiayaan sindikasi oleh Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy dengan Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PT PMN Sunar Basuki telah dilakukan pada Jumat (3/12/2021) lalu. Dalam kesempatan itu, turut hadir Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi serta Direktur Bisnis PT PMN Kindaris.

"Jadi, kami bersyukur harapannya dalam situasi pemulihan perekonomian yang terdampak dari pandemi Covid-19, ini maka mereka yang berskala ultra mikro, mikro, dan kecil akan bisa mendapatkan bantuan permodalan," jelas Anies.

Menurut Anies, ada 19 lembaga keuangan yang terlibat dalam sindikasi ini. Rinciannya, 17 merupakan bank pembangunan daerah (BPD), Bank Muamalat serta Badan Pengelola Keuangan dan Haji (BPKH).

"Bank DKI menjadi koordinator dalam proses ini mengambil langkah terobosan yang cukup baik," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini.