Pegawai Pemkot Jakarta Pusat Diingatkan Disiplin Bukan Cuma Soal Kehadiran
Foto : Sosialisasi peraturan pemerintah di Kantor Walikota Jakarta Pusat. (ist)

JAKARTA - Sebanyak 60 Unit Kerja Perangkat Daerah (UPKD) di Pemkot Jakarta Pusat mengikuti Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) No.94 tahun 2021 tentang disiplin pegawai negeri sipil (PNS). Kegiatan ini dibuka secara virtual 

Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbaruddin, menyebut pegawai wajib melaksanakan dan menghindari larangan segala hal yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah.

"Kalau ini dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas, Insyaa Allah PNS tersebut tidak akan terkena hukuman disiplin pegawai," katanya  membuka kegiatan yang digelar virtual tersebut, Senin (6/12/2021).

Ia minta kepala unit mengingatkan pegawainya untuk disiplin. "Tidak hanya terkait kehadiran dan kepulangan jam kerja saja tetapi juga harus mematuhi yang terdapat pada pasal 3, 4 dan 5 yang tercantum pada PP 94 tahun 2021 tentang disiplin pegawai," ujarnya. 

Ia juga mengingatkan kembali bahwa PNS dilarang menyalahgunakan wewenang, tidak ada lagi KKN dalam pengelolaan kedinasan baik itu pelayanan masyarakat maupun dalam hal pelaksanaan pengadaan barang dan jasa serta layanan lainya.

"Selain itu, PNS dilarang menjadi perantara untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan atau orang lain dengan menggunakan kewenangan orang lain," katanya. 

Kepala Bagian Kepegawaian Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik (KKPP) Munjir Munaji mengatakan tujuan sosialisasi adalah untuk meningkatkan disiplin kerja bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

"Upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran disiplin berkinerja," katanya. 

Sosialisasi tersebut diikuti 60 UKPD. Mereka berasal dari  bagian setretariat kota administras, kecamatan dan kelurahan. (*/yp)