81 Persen Kasus Baru Covid-19 di Jakarta dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri
Foto :

Jakarta, HanTer - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti menyebutkan terjadi peningkatan kasus aktif dan positif baru Covid-19 yang cukup signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Widyastuti pun merincikan bahwa dalam beberapa waktu terakhir dari peningkatan tersebut, 74% kasus aktif dan 81% kasus positif baru harian di Jakarta adalah pelaku perjalanan luar negeri. 

"Kita perlu mewaspadai penularan ini. Varian Omicron juga meningkat di Jakarta, yakni dari 251 orang yang terinfeksi, 95 persennya atau 239 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 12 lainnya adalah transmisi lokal," ucapnya, Kamis (6/1/2022).

Berdasarkan data dari Dinkes DKI Jakarta per 5 Januari 2022, tercatat kasus aktif 955 orang, yang mana 706 di antaranya adalah pelaku perjalanan luar negeri. Lalu, kasus positif baru bertambah 259 orang, 211 di antaranya adalah pelaku perjalanan luar negeri.

Para pelaku perjalanan luar negeri yang terkonfirmasi positif tersebut saat ini dirawat di RSDC Wisma Atlet, RSPI Soelianti Saroso dan beberapa RS.

Maka dari itu, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini meminta kepada seluruh masyarakat untuk menaati protokol kesehatan dengan benar, guna mencegah penularan Covid-19 yang meluas.

"Kepada masyarakat diimbau agar mengikuti peraturan yang berlaku selama masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tandas Widyastuti.