Wagub Ariza Persilahkan Masyarakat Lakukan Pengawasan Likasi Sirkuit Formula E
Foto : Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) saat di acara uji coba pembukaan resepsi pernikahan dimasa pandemi Covid-19, (22/10/2020)

Jakarta, HanTer - Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha sempat mengecek lokasi yang akan dijadikan sebagai sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Terkait hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mempersilakannya.

"Ya, silakan saja. Masyarakat saja boleh ya, melakukan pengawasan, pengecekan. Hak warga," kata Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat Kamis (6/1/2022).

Begitu pula dengan Anggota DPRD, Ariza mengungkapkan anggota dewan memang memiliki tugas untuk mengawasi jalannya program Pemprov DKI seperti Formula E, pembuatan sumur resapan, stadion, jalan, waduk, dan sebagainya.

"Memang Anggota DPRD tugasnya mengawasi. Itu berarti anggota dprd bekerja sesuai dengan tupoksinya melakukan pengawasan program-program yang kami susun bersama juga dengan meereka anggota dewan," ungkap dia.

Diketahui sebelumnya, Giring Ganesha bersama Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Anggara Wicitra Sastroamidjojo, dan Ketua DPW PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar meninjau lokasi calon sirkuit penyelenggaraan Formula E.

Sambil berkeliling, Giring merekam video yang memperlihatkan dirinya berada di hamparan tanah kosong yang akan dijadikan sebagai sirkuit ajang balap mobil listrik tersebut.

Pengamatan Giring, lokasi tersebut merupakan tanah lunak yang sebagiannya ditumbuhi rerumputan. Tumpukan akar bakau juga terlihat di beberapa titik. Giring juga melihat kambing-kambing yang mencari makan.

Giring mengaku heran kenapa Pemprov DKI masih yakin dapat menggelar Formula E. Sebab, hari penyelenggaraannya tinggal lima bulan lagi, sementara sirkuitnya belum dibangun dan lokasinya dianggap tak cocok menjadi lintasan mobil balap.

"Gokil sih ini project Formula E, ya. Project ambisius banget. Budget besar, pakai uang rakyat, dan waktu persiapan yang mepet banget. Gue enggak yakin bisa kejadian pembangunan sirkuit ini. Kalau kejadian, pasti dipaksakan. Kalau dipaksain mudah-mudahan enggak malu-maluin nama Indonesia, lah di mata Internasional," kata Giring dalam video yang diunggah di akun Twitternya, Rabu, 5 Januari.