Camat Johar Baru Kaget Temukan Banyak Jentik Nyamuk di Permukiman Pemulung
Foto : Pemeriksaan jentik nyamuk di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. (ist)

Jakarta, HanTer - Mengantisipasi berkembangbiaknya  nyamuk Aedes aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD), warga Tanah Tinggi diminta aktif bekerja bakti melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 

Camat Johar Baru, Nurhelmi Safitri, memimpin PSN di RW 09 Tanah Tinggi menemukan banyak jentik nyamuk di lokasi penampungan barang milik pemulung. 

Ia kaget mendapati banyak barang bekas jadi bak penampungan air hujan yang ridak ditutup sehingga banyak jentik. Di tempat itu banyak ditemukan jentik nyamuk. 

"Mana pemiliknya? Buang airnya itu, banyak jentik nyamuknya. Buang semua barang yang tidak bermanfaat dan berpotensi menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk," ujarnya dikutip Sabtu (15/1/2022) 

Ia kemudian memberitahu pemilik agar barang-barang itu diletakkan dengan dibalik  sehingga tak jadi wadah penampungan air yang berpotesi menjadi sarang nyamuk. 

Ia juga meminta kader jumantik untuk terus melakukan pemantaun di lokasi tempat penampungan barang bekas. "Beri sosialisasi dan edukasi secara intensif kepada para pemulung, agar mereka menjadi jumantik mandiri," katanya.

Ia juga minta lurah untuk menggiatkan warga bekerja bakti dengan memilah barang yang tak diperlukan untuk dikubur. Cara ini akan membuat lingkungan menjadi bersih. (yp)