Bareskrim Panggil Gubernur Jabar, Kang Emil Akan Datang

Danial
Bareskrim Panggil Gubernur Jabar, Kang Emil Akan Datang
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Jakarta, HanTer - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil bersiap untuk memenuhi panggilan Bareskrim Polri, terkait dengan kerumunan dalam insiden Habib Rizieq Shihab (HRS) di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, yang diduga melanggar prosedur kesehatan.

Kang Emil mengatakan, pihaknya menerima surat dari Bareskrim untuk hadir di Mabes Polri pada pukul 09.00, besok pada Jumat 19 November 2020. Menurutnya, pihaknya membenarkan adanya surat dari Polri dengan tujuan mengklarifikasi peristiwa peletakan batu pertama pembangunan masjid di Megamendung oleh dirinya sendiri sebagai Kepala Daerah yang juga dihadiri HRS dalam acara tersebut dan menyebabkan kerumunan.

“Saya terima suratnya sama juga dimintai keterangan, bukan diperiksa tapi dimintai tambahan keterangan terkait acara di Bogor. Sebagai warga negara taat hukum saya penuhi sebaik-baiknya,” ujar Kang Emil, Kamis (19/11/2020).

Selain Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga dimintai keterangan oleh Polda Metro Jaya terkait kerumunan yang disebabkan acara HRS.

Dalam hal ini Bareskrim juga sudah mendapat kepastian kehadiran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang akan datang untuk dimintai keterangan terkait keramaian HRS di kawasan Bogor. 

Pihak Bareskrim Polda Jabar Kombes Pol Patoppoi mengatakan, Ridwan Kamil bersedia datang ke Bareskrim Polri di Jakarta.

“Hanya Gubernur Jabar yang konfirmasi hadir untuk diambil keterangan oleh tim gabungan penyidik Krimum Polda Jabar dan penyidik Dittipidum Bareskrim,” kata Dirreskrimum Polda Jabar Kombes Patoppoi, Kamis (19/11/2020).