AHY Minta Jenderal Polisi Ini Turun ke Jambi

Anugrah
AHY Minta Jenderal Polisi Ini Turun ke Jambi
Ketua umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengintruksikan kepada semua jajaran pengurus demokrat bergerak memenangkan Fachrori Umar-Syafril Nursal.

Jambi, HanTer – Dengan potensi sumber dayanya yang besar, Jambi menjadi salah satu daerah yang menjadi perhatian saat menjelang Pilkada. Siapapun yang terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur akan menentukan perkembangan provinsi ini selanjutnya. 

Menjelang Pilkada 2020, spekulasi beredar tentang siapa-siapa yang akan berlaga memperebutkan kursi Jambi 1. Tapi tak urung warga Jambi cukup kaget ketika calon Gubernur dari petahana Fachrori Umar ternyata didampingi mantan Kapolda Sulawesi Tengah Syafril Nursal sebagai calon wakil Gubernur.

Sebelumnya Fachrori digadang-gadang berpasangan dengan Bupati Tanjung Jabung Barat dua periode Safrial.

Tentu bukan tanpa alasan kenapa akhirnya DPP Partai Demokrat memutuskan memasangkan Fachrori dengan Syafril. Putra Kerinci ini kenyang makan asam garam di lapangan penugasan. Saat pendidikan pun, ia berprestasi tinggi, selalu masuk dua besar baik dalam pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri. Ini pencapaian yang patut diapresiasi karena tidak mudah mendapatkannya.

Saat berkunjung ke Jambi (23/11), mengawali safari Gerilya Nusantara untuk kampanye Pilkada, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono secara khusus mengapresiasi Irjen Polisi purnawiran ini, dengan menyinggung pengalaman pendidikan, termasuk pelatihan antiteror di Amerika Serikat, dan pengalaman kepemimpinan Syafril dari pangkat bawah sampai puncak sebagai perwira polisi. 

”Saya yakin pendidikan dan pengalaman ini akan memberikan pengaruh signifikan dalam menjaga dan membangun Provinsi Jambi ke depan,” tegas AHY dalam acara temu media dengan hadirin terbatas. 

Diluar tugas-tugas kepolisian, Syafril juga mengayomi orang-orang Jambi yang merantau dengan menjadi Ketua Umum Badan Musyawarah Keluarga Jambi Nasional (BMKJ - Nasional). Selain itu ia juga mengemban amanat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Keluarga Kerinci Nasional (PB HKKN). Perhatiannya yang besar bagi pengembangan sumber daya manusia mendorongnya menggerakkan keluarga-keluarga Kerinci perantauan di seluruh Nusantara untuk membangun Kota Santri Internasional di Kerinci, melalui Yayasan Ummah Ummul Quro.

Melihat tren elektabilitas Fachrori-Syafril yang terus naik, AHY memberi tugas khusus.

“Saya minta pak Syafril untuk mengerahkan seluruh daya upaya guna memenangkan Pilkada 2020 ini,” kata AHY.

Ia yakin, pengalaman dan jaringan yang dibina Syafril selama ini akan sangat membantu upaya memastikan kemenangan di Pilkada JambiDiluar tugas-tugas 
Ini akan melengkapi pengalaman Fachrori Umar yang selama lima tahun pertama masa jabatannya sebagai Gubernur Jambi banyak memperoleh simpati publik karena prestasi-prestasi yang ditorehkannya.

Ditengah masa Pandemi, Fachrori memimpin Pemda Jambi meraih dua penghargaan dari pemerintah pusat untuk kenormalan baru (new normal). Ini menyebabkan provinsi Jambi memperoleh tambahan insentif Rp. 4 milliar untuk menanggulangi Covid-19 dan memulihkan ekonomi setempat. Fachrori juga bekerjasama erat dengan DPRD Jambi untuk melakukan realokasi anggaran sehingga Pemda bisa dengan cepat melakukan tindak tanggap darurat untuk mengatasi bencana non-alam ini. 

Dengan pengalaman Fachrori dan ketegasan Syafril, AHY berharap elektabilitas keduanya yang terus naik, bisa dikonversi menjadi suara yang riil di TPS-TPS pada saat pencoblosan nanti. Dalam survei-survei yang diselenggarakan pada masa kampanye Pilkada, masyarakat Jambi memang mengharapkan pasangan kepala daerah yang berpengalaman dan tegas untuk memimpin Jambi selama lima tahun ke depan, apalagi pada saat dirundung musibah seperti sekarang ini. 

Fachrori Umar-Syafril Nursal bersaing dengan paslon Cak Endra-Ratu Munawaroh, dan Al Haris-Abdullah Sani untuk memperebutkan hampir 2,5 juta calon pemilih yang terdaftar pada KPUD Jambi.