Kuasa Hukum: Tuduhan Kecurangan Pilkada  Pegunungan Bintang Kebohongan Besar
Foto :

 Jakarta, HanTer - Tim Kuasa Hukum Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Pegunungan Bintang, Adhitya Nasution, SH., MH menyebutkan tuduhan kecurangan pilkada Pegunungan Bintang, Papua oleh petahana adalah kebohongan besar. Karena pada dasarnya kemenangan Spei Y Birdana dan Piter Kalakmabin sebagai Bupati dan Wakil Bupati adalah kemenangan seluruh masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang. 

 

"Segala bentuk tuduhan kecurangan yang disampaikam petahana sungguh tidak menghargai proses demokrasi yang sudah berjalan dengan baik di Pegunungan Bintang," ujar Adhitya Nasution dalam keterangan tertulis, Senin (4/1/2021).

Sebelumnya, Tim koalisi & Pemenangan Costan Oktemka dan Deky Deal (Petahana) menilai pelaksanaan pilkada di Kabupaten Pegunungan Bintang tidak berjalan demokratis sebagaimana aturan. Sebab menurut tim koalisi ada kecurangan yang dilakukan secara terstruktur, massif, dan sistematis yang melibatkan penyelenggara pemilu, mulai dari tingkat Distrik, Kampung hingga TPS sebagaimana dilansir oleh Wartaplus.com, Jumat (18/12/2020).

Adanya kecurangan tersebut dibantah oleh Tim Kuasa Hukum Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Pegunungan Bintang Adhitya Nasution, SH., MH., yang menyatakan bagaimana mungkin seseorang yang tidak dalam kapasitasnya baik dari segi kekuasaan maupun finansial dapat memerintahkan penyelenggara pemerintahan untuk mau mengikuti keinginan guna memenangkan paslon tertentu.

"Ini sungguh tuduhan yang sangat serius bagi penyelenggara pemilu dan tentunya bagi kami," tegasnya.

Adhitya menilai, tuduhan adanya kecurangan tersebut bukan merupakan contoh politik yang baik dimana seharusnya Petahana dengan jiwa ksatria berani mengakui kemenangan lawannya. Apalagi pasangan Spei Y Birdana dan Piter Kalakmabin merupakan sosok yang dirindukan oleh masyarakat Pegunungan Bintang untuk memimpin Kabupaten Pegunungan Bintang dimasa depan.

"Bahwa Spei Y Birdana dan Piter Kalakmabin sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Pegunungan Bintang kedepannya akan fokus dalam membangun Kabupaten Pegunungan Bintang ke arah yang jauh lebih baik dan akan segera bersinergi sesaat setelah dilantik guna percepatan pembangunan di Kabupaten Pegunungan Bintang," paparnya.

"Sekali lagi kemenangan Spei Y Birdana dan Piter Kalakmabin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Pegunungan Bintang adalah Kemenangan bagi seluruh Masyarakat Pegunungan Bintang," tambah Adhitya.