Abu Bakar Baasyir Bebas, Keluarga Tak Ingin Ada Kerumunan

yp
Abu Bakar Baasyir Bebas, Keluarga Tak Ingin Ada Kerumunan
Abu Bakar Baasyir.Foto: antara/reno esnir

JAKARTA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM menetapkan narapidana kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir, bebas murni pada 8 Januari 2021. Keluarga akan membatasi simpatisan yang akan berkunjung. 

Pembatasan pengunjung dilakukan saat penjemputan di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, juga ketika tiba di rumah di Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. 

"Kami memang tak ingin ada penyambutan. Kita tidak mau ada kerumunan masyarakat yang malah memudaratkan orang banyak," kata Abdul Rahim Baasyir, anak, dilaporkan antara, Senin (4/1/2021). 

Penjemputan, sambungnya, akan dilakukan beberapa orang dengan didampingi kuasa hukum pada Jumat (8/1/2021). Pembatasan penjemputan dilakukan karena sedang ada pembatasan sosial berskala besar serta untuk menjaga kesehatan ayahnya. 

"Bahaya juga kalau beliau bertemu banyak orang, salaman dan sebagainya. Kalaupun ada silaturahmi ya kita batasi," katanya.

Bebasnya Baasyir nanti berarti ia menjalani vonis 15 tahun penjara. Ia mendapat remisi 55 bulan karena dianggap berkelakuan baik. (*/yp)