Bansoet Minta Kemensos Segera Perbaiki Data Penerima Bansos

Danial
Bansoet Minta Kemensos Segera Perbaiki Data Penerima Bansos
Ketua MPR Bambang Soesatyo

Jakarta, HanTer - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), meminta Pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos), untuk segera memperbaiki data penerima bantuan, sekaligus melakukan penggabungan tiga basis data penerima bantuan, yakni program keluarga harapan (PKH).

Mengingat, perbaikan data sangat penting karena tahun ini pemerintah sudah memutuskan bahwa, bantuan sosial diserahkan dalam bentuk tunai.

"Bantuan pangan non tunai (BPNT) dan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), agar dalam penyaluran bantuan tidak tumpang tindih dan tepat sasaran," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis Kamis (7/1/2021).

Bamsoet juga mendorong Kemensos untuk bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengurangi penyimpangan dan tetap mengawasi penyaluran, atau pendistribusian bantuan sosial yang ditujukan untuk para penerima bantuan.

"Hal itu sebagai upaya pemerintah, mencegah terjadinya kecurangan atau penyalahgunaan wewenang yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi," tegasnya.

Menurutnya, Pemerintah perlu membenahi data penerima bantuan secara berkala sekaligus memperluas jangkauannya, sehingga bantuan sosial dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.

"Khususnya bagi kelompok masyarakat yang rentan dan kurang mampu," ucapnya.

Dengan demikian, kata Bamsoet, MPR berharap, penyaluran bantuan sosial pada tahun 2021, dapat terlaksana lebih baik dari penyaluran bansos tahun sebelumnya. Baik dari sisi kecepatan, ketepatan maupun jangkauannya.

"Pemerintah dalam hal ini, Kemensos untuk berupaya keras melaksanakan dan menyelesaikan program-program pemerintah, khususnya program bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi," ulasnya.

#Mensos   #Risma   #Bamsoet