FPI Ganti Lagi Jadi Front Persaudaraan Islam, Ini Alasannya

yp
FPI Ganti Lagi Jadi Front Persaudaraan Islam,  Ini Alasannya

JAKARTA - Nama FPI berubah lagi. Setelah menjadi Front Persatuan Islam pasca dibubarkannya Front Pembela Islam oleh pemerintah, organisasi ini kini bernama Front Persaudaraan Islam. 

Deklarasi nama baru ini dilakukan Jumat (1/8/2021). Nama Front Persatuan Islam yang sebelumnya ditandatangani 19 orang pada 30 Desember 2020 itu ternyata sudah pernah digunakan pendahulu saat berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Karenanya diputuskan untuk mengganti nama demi menghormati perjuangan itu. 

Kelak Front Persaudaraan Islam berkonsentrasi pada kegiatan dakwah dan pendidikan, kemanusiaan, hingga advokasi hukum dan HAM.

Disebutkan pula hal itu sebagai perwujudan pengamalan fardhu kifayah dalam Islam, amar ma'ruf nahi munkar tanpa menimbulkan kemunkaran lainnya. "Menampilkan wajah Islam rahmatan lil alamiin dalam bingkai NKRI," demikian Front Persaudaraan Islam. 

Selain itu, Front Persaudaraan Islam juga akan mengawal kasus tewasnya enam pengawal Habib Rizieq Shihab hingga ada pihak yang bertanggung jawab. Tujuannya, agar bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang berkemanusiaan yang adil dan beradab. 

Sebelumnya, kuasa hukum Aziz Yanuar menyebut ada pimpinan Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab, dalam pergantian nama itu. 

"Berdasarkan masukan beliau namanya berganti menjadi Front Persaudaraan Islam. Kalau yang kemarin kan masih dalam batas usulan namanya (Front Persatuan Islam). Jadi setelah adanya rembukan dan hasil kesepakatan maka namanya menjadi Front Persaudaraan Islam, kan lebih menyejukkan," terang Azis Yanuar saat dikonfirmasi, Selasa, 5 Januari 2021. (*/yp)