Besok Mulai Vaksinasi, Ini Efektivitas Vaksin Sinovac

yp
Besok Mulai Vaksinasi, Ini Efektivitas Vaksin Sinovac

JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 bakal dilakukan besok, Rabu (13/2/2021). Namun sebagian masyarakat bahkan tenaga kesehatan (nakes) masih meragukan. 

Vaksinasi tahap pertama akan diberikan pada nakes serta petugas yang berhubungan dengan publik seperti polisi dan anggota TNI. 

Soal penolakan nakes sempat diungkapkan Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Cissy B. Kartasasmita. 

“Kami mendapatkan 20 persen tenaga kesehatan yang masih tidak mau menerima vaksin, nanti kami akan tingkatkan informasi yang lebih baik,” katanya dalam sebuah webinar, Sabtu (9/1/2021). 

Mengenai vaksinasi sinovac, ahli vaksin, dr. Dirga Sakti Rambe, menjelaskan efektivitas vaksin itu mencapai 65,3 persen. Ini berarti orang yang divaksinasi 3 kali lebih rendah mengalami Covid-19 bergejala.

Menurut Dirga, tingkat kekhasiatan vaksin Sinovac sudah di atas rekomendasi WHO yang hanya membutuhkan 50 persen.

"Risiko untuk mengalami kematian bahkan lebih rendah lagi," ujar Dirga melalui akun instagramnya, yang dikutip Selasa 12 Januari 2021.

Dia menjelaskan pemberian izin darurat atau emergency use authorization (EUA) dengan berbagai hasil studi dan uji klinis pendahuluan yang bagus berarti vaksin itu terbukti aman dan efektif.

Dirga juga tetap menganjurkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meski sudah divaksin. Ini memberi perlindungan kesehatan yang optimal dari ancaman virus Corona tersebut. (yp)