Jokowi Soal Impor Pangan, Rizal Ramli: Pura-pura Ndak Ngerti Kalau Kebijakan Pemerintah Doyan Impor dan Bagi-bagi Rente Quota Impor

Alee
Jokowi Soal Impor Pangan, Rizal Ramli: Pura-pura Ndak Ngerti Kalau Kebijakan Pemerintah Doyan Impor dan Bagi-bagi Rente Quota Impor

Jakarta, HanTer - Ekonom senior Rizal Ramli menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut komodits pangan strategis yang sampai saat ini masih diimpor oleh negara lain.

Mantan Menko Maritim itu justru mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah yang masih suka melakukan impor. Tentunya hal ini yang membuat para petani mengalami kerugian.

“Ini Presiden @jokowi ndak ngerti atau pura2 ndak ngerti. Kebijakan pemerintah yg doyan impor dan doyan bagi2 rente quota impor, itu yg membuat petani tidak punya insentif utk menaikkan produksi,” ujarnya Rizal Ramli yang diposting melalui akun sosial medianya, Selasa (12/1/2021).

Dia menambahkan, bahwa apa yang disampaikan Jokowi terlalu banyak berpura-pura. “Belum lagi, kebijakan pupuk & pricing policy. Please deh, jangan terlalu banyak drama. Klo bener2 ndak ngerti, nanti tak kasih kuliah gratis,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menanggapi soal komodits pangan strategis yang sampai saat ini masih diimpor oleh negara lain. ia pun meminta, agar pembangunan pertanian nasional ditingkatkan secara serius.

“Kedelai hati-hati, gula hati-hati, ini yang masih juta-jutaan ton. Bawang putih, beras, meskipun ini sudah hampir dua tahun kita gak impor beras. Saya mau lihat betul di lapangannya apakah bisa konsisten,” tegasnya, kemarin.