Rabu Keramat, DPR Menunggu Calon Kapolri Pilihan Jokowi

yp
Rabu Keramat, DPR Menunggu Calon Kapolri Pilihan Jokowi
Gedung DPR/MPR RI./foto: yp

JAKARTA - Hari Rabu seolah menjadi hari keramat. Beberapa kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumimkan keputusannya di hari Rabu. Jadi, bukan tidak mungkin hari ini, Rabu (13/1/2021), Jokowi juga akan menyerahkan nama Kapolri pilihannya ke DR RI.

Rabu menjadi pilihan Presiden mengumumkan nama-nama menterinya. Terakhir, ia melantik enam menteri dan lima wakil menteri pada Rabu pon, 23 Desember 2021.

Hari ini adalah Rabu wage. Namun memang sejauh ini belum ada kepastian DPR akan menerima nama calon Kapolri hari ini. 

Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid memperkirakan Presiden akan mengirim nama calon Kapolri pilihannya di hari ini. 

"Mungkin Rabu keramat itu, kita tunggu saja," ujar Jazilul Fawaid, anggota Komisi III DPR RI, kepada wartawan Selasa (12/1/2021).

Ia menilai dalam penanggalan Jawa, hari ini adalah hari yang amat baik. 
"Rabu Wage lebih bagus hitungannya, neptunya sebelas. Hitungannya Rabu  angkanya 7 dan Wage angkanya 4, dijumlah jadi neptunya angka 11. Itu ilmu jawa, ilmu titen namanya bersumber dari kebiasaan alam dan manusia," katanya.
"Semoga yang terbaik yang diusulkan dan dipilih jadi Kapolri."

Lima nama jenderal bintang tiga beredar sebagai calon Kapolri pilihan Presiden. Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto.

Namun belakangan muncul hanya satu nama yang akan diserahkan Jokowi. Dia adalah Komjen Listyo Sigit Prabowo yang kini menjabat sebagai Kabareskrim Polri. (yp)