Pagi Ini, Jokowi Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac

yp
Pagi Ini, Jokowi Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac
Presiden Joko Widodo./foto: instagram jokowi

JAKARTA - Pagi ini, Rabu (13/1/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan disuntik vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan. Penyuntikan vaksin Sinovac itu dilakukan tim dokter kepresidenan. 

Hal itu disampaikan Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden, kepada wartawan, Selasa (12/1/2021) malam. "Pagi jam 10," katanya soal waktu vaksinasi Presiden. 

Menurutnya, vaksinasi terhadap Presiden akan disiarkan langsung hingga bisa disaksikan masyarakat. "Sebelum divaksin cukup tidur dan disarankan sarapan lebih dulu," katanya. 

Presiden Jokowi adalah orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac. Selanjutnya, vaksin akan dilakukan bertahap. 

Tahap pertama adalah untuk tenaga kesehatan dan petugas yang berhubungan dengan publik semisal anggota TNI dan Polri. Direncanakan vaksinasi untuk masyarakat Indonesia secara keseluruhan akan selesai selama satu tahun.

Vaksin Sinovac telah mengantongi Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use of Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Izin Penggunaan Darurat ini ditandai dengan adanya nilai efikasi atau tingkat khasiat setara dengan 65,3 persen yang diambil dari laporan interim 3 bulan pascasuntikan kedua dari Uji Klinis Fase 3, yang dilaksanakan di Bandung sejak Agustus 2020. Pengujian itu dilakukan dengan penyuntikan kepada 1.620 relawan. (*/yp)