Resmi, Vaksin Covid-19 dari Sinovac Dinyatakan Halal

yp
Resmi, Vaksin Covid-19 dari Sinovac Dinyatakan Halal
Penyerahan sertifikat halal vaksin Covid-19 Sinovac dari Kementerian Agama ke PT Bio Farma./foto: youtube kementerian agama

JAKARTA - Vaksin Covid-19 buatan Sinovac resmi dinyatakan sebagai produk halal setelah Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan sertifikat halal kepada Direktur Utama (Dirut) Bio Farma, Honesti Basyir, Rabu (13/1/2021). 

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi, yang menyerahkan sertifikat halal itu menyatakan vaksin tersebut "halalan thoyyiban."
Ia menyebut kehalalan vaksin telah melalui proses panjang sebelum penetapannya.

"Kita tidak perlu ragu bahkan vaksin sinovac ini suci, halal bahkan Toyib. Halalan Toyibban," kata Zainut sebelum menyerahkan sertifikat halal kepada Honesti di Kementerian Agama.  

Zainut mengungkapkan sertifikat yang dikeluarkan pada 12 Januari 2021 itu diawali dengan permohonan dari PT Bio Farma. BPJPH pun melakukan pemeriksaan dan pengujian serta memerintahkan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meneliti vaksin tersebut. Selain itu, BPJPH juga ikut memeriksa ke pusat pembuatannya di Cina.  

Penetapan pemberian sertifikat itu dilakukan setelah MUI mengeluarkan fatwa halal serta hasil uji klinis vaksin tersebut diumumkan.  Maka Zainut menegaskan vaksin tersebut benar-benar suci dan halal sehingga umat Islam tidak perlu ragu menggunakannya, begitu juga umat agama lain. (*/yp)