Disuntik Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Ngilu

yp

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah divaksin Covid-19. Ada sejumlah rasa yang dialami setelah dua kali divaksin saat menjadi relawan vaksinasi beberapa waktu lalu. 

Menurut Kang Emil, sapaannya, tak ada efek samping lain yang dirasakan setelah divaksinasi. "Efek yang saya rasakan pada tiga hari pasca penyuntikan vaksin, ngantuk di hari-hari berikutnya," ujarnya kepada wartawan pada Sabtu (9/1/2021). "Dugaan akan terjadi panas atau demam, bengkak atau berubah jadi Spiderman tak ada."

Ia juga mengatakan jarum yang digunakan untuk vaksinasi berbeda dengan jarum suntik biasa. "Saya laporkan ya, jarumnya itu nggak kecil. Beda dengan jarum yang dipakai mengambil darah. Jadi agak lumayan linu satu jam di tangan kanan atau kiri, sesuai kebiasaan," katanya. 

Kang Emil juga mengatakan setelah menjalani vaksinasi, ia bisa tetap bekerja dan beraktivitas seperti biasa. "Insyaa Allah di tubuh saya ini sudah ada antibodi sehingga bisa melawan kalau ada virus yang masuk," ujarnya. 

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. Penyuntikan vaksin asal Sinovac itu dilakukan Tim Dokter Kepresidenan di Istana Presiden hari ini, Rabu (13/1/2021) pukul 10.00. (yp)