Ramalan 2021 Ganti Presiden Sulit Dipercaya, Rizal Ramli: Tapi Kok Indikasi Rielnya Ngarah? 

Harian Terbit/Alee
Ramalan 2021 Ganti Presiden Sulit Dipercaya, Rizal Ramli: Tapi Kok Indikasi Rielnya Ngarah? 
Rizal Ramli

Potongan video seorang paranormal bernama Mbak You yang menyebut akan ada gerakan ganti presiden di tahun ini, menjadi viral. Beragam komentar disampaikan netizen terkait ramalan tersebut. Ada yang menyebut pergantian presiden tidak masuk akal karena presiden saat ini menjabat sampai tahun 2024.

Namun ada pula yang menyatakan bisa saja ramalan itu benar, pergantian presiden di 2021 bakal terjadi. Alasannya, tanda-tanda mengarah kesana sudah terlihat, antara lain ekonomi yang terpuruk, daya beli masyarakat yang semakin amblas, kemiskinan dan pengangguran yang terus meningkat.

Menanggapi soal pergantian presiden ini, tokoh nasional Rizal Ramli mengaku tidak percaya dengan ramalan-ramalan. Namun menurut mantan Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini melihat, ada indikasi-indikasi yang disampaikan sang peramal sejalan dengan kondisi saat ini.

“RR yang rational sering diberi nasihat Gus Dur, ‘Ada banyak hal di luar rasionalitas (beyond rationality)’. Buat RR, sulit percaya dengan ramalan ini, tapi kok indikasi rielnya ngarah?” kata Rizal Ramli di akun Twitternya, Selasa (12/1).

Dalam potongan video berdurasi 59 detik yang beredar, Mbak You meramalkan politik Indonesia tahun 2021 bakal berlangsung panas hingga muncul istilah ganti presiden. Tanda-tanda tersebut tercium dengan adanya gejolak politik dari daerah hingga merembet ke pusat.

Masyarakat merasa kesulitan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya karena sulit mengais rezeki imbas pandemi corona yang tak kunjung selesai.

“Ada bahasa-bahasa yang mungkin bahasa politiknya pergantian presiden. Sudah mulai ada tanda-tandanya. Dari mulai daerah ke atas sudah mulai memanas semuanya, memang akan ada pergantian,” jelasnya Mbak You dalam video yang beredar.