Berkas Lengkap, Bareskrim Segera Limpahkan Kasus Kerumunan HRS ke Kejaksaan

Danial
Berkas Lengkap, Bareskrim Segera Limpahkan Kasus Kerumunan HRS ke Kejaksaan
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono

Jakarta, HanTer - Bareskrim Polri telah merampungkan berkas perkara kasus kerumunan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Petamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan bahwa, dalam waktu dekat pihaknya akan melimpahkan barang bukti dan HRS ke Kejaksaan atau tahap dua (P21).

"Untuk kasus MRS, Petamburan berkas perkara yang bersangkutan sudah P21 dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan dan rencana minggu depan, pada Selasa (9/2/2021), akan diserahkan tersangka dan barang buktinya, dari penyidik Bareskrim Polri kepada pihak penuntut umum," ulas Rusdi di Mabes Polri, Jumat (5/2/2021).

Sebagaimana diketahui, saat ini ada tiga kasus yang menjerat HRS. Kasus pertama ialah terkait dengan kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

HRS dianggap melanggar protokol kesehatan Covid-19, dalam gelaran Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putrinya.

Inilah kasus yang berujung penembakan enam laskar FPI pada Senin (7/12/2020). Polisi mengklaim, pihaknya kala itu sedang membuntuti Habib Rizieq Shihab untuk penyelidikan kasus kerumunan di Petamburan

Empat hari setelah enam laskar FPI tewas di Tol Jakarta-Cikampek KM 50, Habib Rizieq Shihab ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya, bersama lima orang lainnya.

Habib Rizieq kembali dijadikan tersangka, atas kasus kerumunan di Megamendung. HRS ditetapkan sebagai tersangka lagi, pada Rabu (23/12/2020).

Kasus kerumunan di Megamendung awalnya menjadi tanggung jawab Polda Jabar.

Namun, kini kasus Petamburan dan Megamendung dilimpahkan ke Bareskrim Polri.