Latihan di Gunung Bromo, 22 Terduga Teroris Jawa Timur Jadikan Polisi Target Sasaran
Foto : Foto: instagram antarafotocom

JAKARTA - Sebanyak 22 terduga teroris Jawa Timur tiba di Jakarta, Kamis (18/3/2021). Kelompok yang berafiliasi dengan Jamaah Islamiyah ini melakukan pelatihan di kawasan Gunung Bromo.

Menumpang pesawat Lion Air Charter JT3585, mereka tiba di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, pukul 12.15 WIB. Dikawal ketat tim Densus 88 Antiteror bersenjata api, tangan dan kaki mereka diborgol. Mata dan mulutnya ditutup.

"Kelompok ini melakukan aktivitas pelatihan di Jawa Timur, di sekitar Gunung Bromo," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Bandara Soekarno Hatta, Banten. 

Menurutnya, kelompok ini juga telah merencanakan aksi teror menebar rasa ketakutan di masyarakat. 

"Salah satu sasarannya adalah aparat keamanan, khususnya anggota Polri yang sedang bekerja atau bertugas di lapangan," katanya. 

Penangkapan 22 terduga teroris itu dilakukan tim Densus 88 Antiteror pada 26 Februari 2021 hingga 2 Maret 2021. Mereka ditangkap di berbagai tempat di Jawa Timur, yakni di daerah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Malang dan  Bojonegoro. Selanjutnya, mereka dibawa ke Rumah Tahanan Teroris di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. (*/yp)