Naik Ojek Lewat Jalan Tikus, Gubernur ini Dipaksa Pulang

us
Naik Ojek Lewat Jalan Tikus, Gubernur ini Dipaksa Pulang

Gubernur Papua Lukas Enembe dideportasi pemerintah Papua Nugini (PNG) setelah diketahui masuk ke wilayah negara tetangga tersebut secara ilegal. Lukas mengakui masuk ke PNG melalui jalan pintas naik ojek bersama dua temannya karena keperluan berobat.

Lukas dan dua temannya diketahui berada di Vanimo, Papua Nugini sudah dua hari. "Karena masuk ke PNG tanpa dokumen, yang bersangkutan dideportasi oleh pemerintah negara sebelah (PNG)," ucap Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Novianto Sulastono sebagaimana dikutip Antara di Jayapura, Jumat (2/4/1021).

Setelah dideportasi, pihak imigrasi juga tetap akan memeriksa Lukas Enembe. Tetapi dikarenakan kondisi Lukas kurang  sehat, pemeriksaan ditunda sementara. "Kita akan periksa beliau. Tapi karena beliau kurang fit, akan dilakukan nantinya,' ujarnya.

Tidak hanya Lukas, dua temannya yang masuk wilayah PNG secara ilegal yakni Elin Wonda dan Hendrik Abodondifu juga akan diperiksa. Novianto menjelakan ketiganya dideportasi pemerintah PNG sebagai tindakan keimigrasian.

Lukas Enembe telah mengakui dirinya masuk Vanimo, Papua Nugini (PNG), melalui jalan tikus atau setapak. Dia ditemani dua orang untuk keperluan berobat. 

Tapi kini sudah kembalai ke Jayapura setelah diproses dan dideportasi melalui Pos Lintas Batas Nevada. Lukas diantar KOnsul RI di Vanimo, PNG Allen Simarmata hingga zona netral RI-PNG

"Memang benar saya ke Vanimo (Rabu, 31/3) melalui jalan setapak menggunakan ojek untuk berobat. Saya tahu itu salah," kata Lukas.(us))

#papua   #gubernur   #lukas