Lewat Kebijakan `Pendekar`, Polda Banten Dekati Rakyat

Danial
Lewat Kebijakan `Pendekar`, Polda Banten Dekati Rakyat

Banten, HanTer - Kesediaan Kapolda Banten, Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A. menjadi bagian dari sebuah perkumpulan berbasis kultural setempat, pertanda kemauan dan kebesaran jiwa pemimpin yang mau merangkul semua potensi kekuatan masyarakat (Potmas). Dalam kalimat populer kini sering dikatakan: Terbuka bagi semua!

Sikap seperti itu dapat dilihat dari 12 highlight kebijakannya yang ia kemas menjadi “Pendekar” (Polisi yang Empati Ngayomi dan Dekat dengan Rakyat). Kemudian, dijabarkan ke dalam pendekatan kemasyarakatan yang ia dan jajaran lakukan secara  konkret hampir setiap harinya. 

Baru tiga bulan memimpin, mulai 5 Januari 2021, feedback dari masyarakat sudah sangat terasa. Misalnya, berkat partisipasi dan aduan masyarakat, Polda Banten antara lain telah menggulung sekawanan mafia tanah yang bergentayangan di wilayah hukum Polda Banten. Apresiasi pun berdatangan, baik dari Kementerian Agraria maupun institusi yang bergiat di bidang kajian kepolisian. 

Melalui sosialisasi yang dibarengi aksi nyata, ke-12 highight kebijakan itu kini di Banten sangat populer sebagai “12 Commander Wish”. Peluncurannya dilakukan Rudy segera setelah ia dilantik menjadi Kapolda Banten pada 5 Januari 2021. 

Diam-diam menyambangi alim-ulama, pesantren, atau rumah yatim/ yatim-piatu, sudah menjadi agenda keseharian Rudy, para pejabat utama Polda Banten dan jajaran seperti Polres hingga ke Polsek-polsek. Demikan pula kegiatan berbagi kepada mereka yang patut menerima infak, rutin dilakukan setiap jelang Jumat melalui “Jumat Barokah” yang kontinu dipandu Kabid Humas, Edy Sumardi Priadinata, S.I.K. M.H.

Selain menjalankan tugas-tugas pokok kepolisian, Kapolda Rudy dan jajarannya setiap hari bergiat melakukan pendekatan berbasis “Pendekar” ke masyarakat. Pertanda kedekatannya disahuti oleh masyarakat, nyaris silih berganti saja antara ia yang mendatangi dan ia yang didatangi. Bila hari ini ia menyambangi, berganti hari ia pula di kantor atau di kediaman yang ganti disambangi. 

Di rumah dinas, misalnya, pada Jumat malam (3/4/2021) ia membagi waktu untuk para anggota dan pengurus Perguruan Pencak Silat “Terumbu” Banten (PSTB). Kedatangan mereka sudah terjadwal, tapi agendanya itu yang bikin surprise. Rudy diangkat menjadi Dewan Pembina PSTB.