Tunggu Vonis, Djoko Tjandra Yakin Tak Bersalah

yp
Tunggu Vonis, Djoko Tjandra Yakin Tak Bersalah
Ilustrasi sidang. (pixabay)

JAKARTA - Terdakwa Joko Sugiarto Tjandra alias Djoko Tjandra siap menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (5/4/2021). Ia meyakini dirinya tak bersalah atas dua kasus, yakni red notice dan pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA).

"Yang terbaik sesuai dengan fakta," ujar Djoko Tjandra sebelum sidang. 

Ia juga meyakini vonis yang dijatuhkan hakim akan menyakini vonis yang akan dijatuhkan majelis hakim akan lebih ringan dari tuntutan 4 tahun pw jara yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ia juga merasa bukan koruptor sehingga tak ada yang dikhawatirkan dalam sidang putusan ini. 

"Yakin dong lebih ringan banyak yang ngawur. Persidangan kan kalian sudah dengar, nanti dengerin saja," ujarnya. "Nggak ada salah, kenapa khawatir? Kalau mencuri, korupsi boleh khawatir, ini apa masalah perkaranya."

Sebelumnya JPU menuntut Djoko Tjandra dengan pidana penjara selama empat tahun dan denda Rp 100 juta subsider enam bulan kurungan. Ini tuntutan dalam dua kasus sekaligus, yakni terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) serta penghapusan nama Djoko Tjandra dari ref notice atau Daftar Pencarian Orang.

Jaksa meyakini Djoko Tjandra terbukti menyuap Jaksa Pinangki Sirna Malasari serta dua Jenderal Polisi, Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Prasetijo Utomo. (*/yp)