Jokowi Minta Kepala Daerah Antisipasi Bahaya Cuaca Ekstrem
Foto : Presiden Joko Widodo. (tangkapan layar youtube sekretariat presiden)

JAKARTA - Presiden Jokowi meminta kepala daerah mengantisipasi anomali cuaca terhadap bencana. Ia juga mengingatkan untuk memperhatikan peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) karena bisa menjadi acuan masyarakat, terutama para kepala daerah.

"Saya minta dilakukan antisipasi terhadap bahaya lanjutan adanya cuaca yang sangat ekstrem yang terjadi di berbagai kawasan di Indonesia," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai penanganan di NTT dan NTB secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (6/4/2021) 

Menurut Jokowi, peringatan dari BMKG harus diperhatikan termasuk informasi yang disampaikan lembaga itu. Jokowi minta  kepala daerah mampu mengakses informasi dan memantau prediksi cuaca untuk mitigasi bencana pada ke depannya.

"Pastikan seluruh kepala daerah dan masyarakat dapat mengakses, memantau prediksi cuaca dan iklim yang dikeluarkan BMKG. Mereka harus tau semuanya sehingga masyarakat bisa meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaannya untuk menghadapi ancaman risiko baik itu angin kencang, bahaya banjir bandang dan tanah longsor," ujarnya. (*/yp)