Cerpen Kisah Bumi Ajang Edukasi Anak Cinta Lingkungan 

Eka
Cerpen Kisah Bumi Ajang Edukasi Anak Cinta Lingkungan 
Prasetyo Ari (tengah) menilai sayembara cerpen anak Kisah Bumi menjadi inspirasi sebagai ajang edukasi kecintaan terhadap lingkungan (ist) 

Jakarta, HanTer - Sayembara menulis cerpen anak Kisah Bumi telah usai. Pemenang pun sudah diumumkan oleh tim Sayur Kendal. Sebanyak 5 dari 15 orang pemenang diundang untuk menghadiri acara Winner Ceremony di Wisma GMT Institute yang juga merupakan store Sayur Kendal di Jalan Kendal No.1 Menteng, Jakarta Pusat. 

Dikarenakan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, panitia mengundang 5 dari 15 orang pemenang yaitu Ina Inong, Liza Erfiana, Imelda Naomi, Setiyo Bardono dan Prasetyo Ari Wahyudi. Walau hanya dihadiri 5 perwakilan pemenang, para perwakilan pemenang tetap menyambut acara dengan antusias. 

Winner ceremony diisi dengan acara serah terima hadiah secara simbolis yang terdiri dari sambutan perwakilan juri yaitu Idrus F. Shahab, lalu ada Ericko Siswanto selaku perwakilan dari Sayur Kendal, dan terakhir Tifanny Meilianti perwakilan panitia Kisah Bumi. 

Setelah sambutan diberikan, acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat dan sertifikat kepada para pemenang. Pemenang juara pertama, Ina Inong mengatakan sangat bersyukur bisa memenangkan sayembara cerpen tersebut. 

“Saya berterima kasih dan sangat bersyukur telah dipilih menjadi juara pertama dalam sayembara cerpen anak kisah bumi, saya sangat berharap acara ini dapat menjadi gerakan baru dan bisa diadakan setiap tahun," kata Ina dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/4/2021). 

Antusias pemenang terlihat dari kesigapan mereka yang datang tepat waktu, dokumentasi di media sosial pribadi, dan interaksi mereka dengan juri. Salah satu peserta, Prasetyo Ari Wahyudi mengatakan, "Winner Ceremony” ini dipandang cukup baik. 

"Apalagi tujuannya untuk mengedukasi anak-anak mengerti tentang lingkungan. Apa yang kita tuliskan, semoga dapat diwariskan secara turun temurun," kata Prasetyo. 

Ditempat yang sama, Tifanny Meilianti sebagai project leader Kisah Bumi, menanggapi kesan pesan yang disampaikan oleh Prasetyo sebagai salah satu pemenang cerpen. “Ya, kami memang juga fokus untuk meningkatkan kesadaran lingkungan," katanya. 

“Maka dari itu tema yang diangkat menyangkut literasi dan lingkungan. Sayur Kendal melihat, kesadaran lingkungan harus ditanamkan sedari kecil, diharapkan agar mereka bisa langsung memahaminya," ujar dia menambahkan. 

Dengan memahami pentingnya menjaga lingkungan, Sayur Kendal menjual sayur segar dengan perlakuan organik seperti menggunakan pestisida alami, pupuk organik dan hasil dari sayur segar tersebut nantinya akan dikirim ke seluruh cabang Sayur Kendal seperti POD Karawaci, POD Jakarta Selatan, POD Jakarta Barat, dan POD Jakarta Pusat.