TMII Diberi Waktu 3 Bulan Laporkan Pengelolaan Asset lebih Rp20 triliun

us
TMII Diberi Waktu 3 Bulan Laporkan Pengelolaan Asset lebih Rp20 triliun

Yayasan Harapan Kita yang telah mengelola asset negara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 44 tahun,  diberi waktu 3 bulan untuk membuat laporan. Setellah itu yayasan wajib menyerahkan asset negara bernilai lebih dari Rp20 triliun tersebut.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama mengatakan, berdasarkan Perpres No 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII, tugas pengelola (Yayasan Harapan Kita) selain menyampaikan laporan pertanggung jawaban (LPj) pengelola, juga dilarang mengubah perjanjian/perikatan TMII juga manajemen pengelolaan.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, berdasarkan taksiran harga yang dilakukan Kementerian Keuangan, asset yang dimiliki TMII Lebih dari Rp20 triliun. Bahkan jika mengacu pada harga pasar, harganya pasti jauh lebih tinggi lagi.

"TMII itu luas dan lokasinya sangat strategis. Nanti TMII akan dikelola dengan baik agar bermanfaat bagi masyarakat dan memberi kontribusi kepada negara.

Dalam pengelolaan Yayasan Harapan Kita, sudah hampir 44 tahun tidak ada laporan mengenai data-data pengelolaan. "TMII ini akan menjadi kawasna pelestarian dan pengembangan budaya bangsa dan sarana edukasi yang bernapaskan budaya Nusantara," jelasnya.(us)
 

#TMII   #yayasan   #3bulan